Media Literacy: Decolonizing Your Beliefs

Seperti sama kita ketahui, dalam teori komunikasi disebutkan ada tiga jenis gangguang atau noises, semantical noises, technical or environmental noises, dan physiological noises.

Yang paling berat adalah gangguan psikologis. Ini berkaitan dengan kepercayaan, keyakinan, anggapan, asumsi, stereotyping dan sejenis itu yg dimiliki seseorang (bahkan setiap orang) di dalam benaknya, dan ia (atau kita) merasa nyaman dengan gangguan ini.

Gangguan jenis ini disebut paling berat karena ia sulit ditemukan. Kalaupun ditemukan, belum tentu kita mau mengubah keyakinan tersebut. Dst.

Nah, dua hari ini ada berita ttg pernyataan Xanana Gusmao ketika menghadiri peringatan HUT TNI di Surabaya. Disebutkan dalam berita di sejumlah media massa berbasis internet (saya tak menemukan di media massa cetak, sejauh ini) bahwa Xanana ingin Timor Leste kembali bergabung dgn Indonesia.

Kami sempat membahasnya dalam rapat redaksi tadi malam. Saya sejak awal punya pendapat meragukan dan meyakini maksud Xanana tidak seperti yg ada dalam berita itu.

Maka tadi pagi saya chatting dgn sahabat saya Jose Antonio Belo, pemimpin Tempo Semanal yg saya hormati.

Dia memberikan penjelasan yg jauh lbh masuk akal dan dapat dipercaya sebagai sebuah penjelasan. Bisa diklik di tautan ini: http://dunia.rmol.co/…/Ternyata,-Pernyataan-%E2%80%9CTimor-…

Tetapi alangkah sedih saya membaca hampir semua komen di berita itu, jg di berita2 di media lain yg pertama kali memberitakannya. Diliputi kemarahan.

Yg bikin saya lebih sedih lagi adalah, media massa di Indoneaia tidak bertanggungjawab setelah memberitakannya. Mereka melepas begitu saja informasi ini.

Adapun kami, walau tak ikut memberitakan, tp merasa perlu memberikan penjelasan yg sebisa mungkin meluruskan.

Di zaman seperti ini kita sering kali merasa nyaman dengan keyakinan2 yg kita miliki. Se-absurd apapun keyakinan itu.

Hal inilah yg antara lain membuat saya mengubah judul presentasi pada pelatihan jurnalistik di Moestopo (Beragama) tadi pagi, menjadi Media Literacy: Decolonizing Your Beliefs.

Untuk file presentasi klik link berikut: media literacy decolonizing your beliefs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s