Amerika Serikat Bongkar Dokumen Rahasia Korupsi Soeharto

SEHARI setelah kematian Soeharto, lembaga non-pemerintah Amerika Serikat membuka beberapa dokumen politik yang berkaitan dengan penguasa Orde Baru itu.

Kumpulan dokumen yang selama puluhan tahun ini ditutup-tutupi diberi judul “Suharto: A Declassified Documentary Obit” dan dirilis dalam National Security Archive Electronic Briefing Book No. 242.

Dalam situs resmi National Security Archive disebutkan bahwa dokumen-dokumen terpilih yang dibuka kepada umum itu memperlihatkan dua hal penting mengenai Soeharto dan pemerintahannya.

Pertama mengenai tekanan pemerintahan Orde Baru di bawah Soeharto, berikut korupsi yang terjadi selama masa kepemimpinannya ( repression and corruption), dan kedua mengenai dukungan Amerika Serikat terhadap Soeharto (the long-standing U.S. support for Suharto’s regime).

Kumpulan dokumen itu termasuk transkrip pembicaraan antara Soeharto dengan Presiden Richard M. Nixon, Gerald Ford and Ronald Reagan, dan Menteri Luar Negeri Henry Kissinger, Wakil Presiden Walter Mondale. Juga dengan George H. W. Bush ketika masih menjabat sebagai wakil presiden.

Dokumen tambahan yang ikut dipublikasikan berisi persepsi Amerika mengenai pemerintahan Soeharto di masa awal Orde Baru, termasuk proses aneksasi Papua pada tahun 1969, invasi Indonesia ke Timor Timur pada 1975. Juga dokumen mengenai Penembakan Misterius antara 1983-1984.

“Kematian Soeharto telah membawa lari rasa keadilan bagi rakyat Indonesia dan Timor timur,” kata Brad Simpson, editor kumpulan dokumen itu.

“Tetapi dokumen-dokumen ini juga memperlihatkan dukungan yang diberikan pemerintah Amerika Serikat dalam jangka waktu yang panjang untuk satu dari pemerintahan paling brutal di abad ke-20. Dokumen-dokumen ini akan membantu kita dalam memahami masa kekuasaan Soeharto dan dukungan Amerika Serikat yang membuat itu (kekuasaan Soeharto) menjadi mungkin,” tulisnya lagi.

Published by

TeguhTimur

Born in Medan, lives in Jakarta, loves Indonesia.

31 thoughts on “Amerika Serikat Bongkar Dokumen Rahasia Korupsi Soeharto”

  1. apapun itu saya sendiri tidak setuju, dengan alasan lebih kepada persatuan Indonesia.

    akan sangat mungkin jika dokumet itu tersebar luas dan dipublikasikan dengan mudah maka akan menimbulkan pro kontra dan bahkan sebuah petaka bagi negeri yg sedang berupaya untuk bisa diam dari gejolak ini?

    memang kebenaran harus di tegakan, sepahit apapun itu, tapi kalo memang ada jalan lain tanpa harus saling mengorbankan dan atau mencaci maki orang yg telah tiada bukankah itu patut kita usahakan?

    Lantas pertanyaan saya, dimana dokumen itu selama Suharto masih hidup? setakut apakah Amerika kepada suharto sampai dokument itu disimpan rapat sampai sekarang? atau ini adalah kesempatan Amerika untuk menghancurkan Indonesia dengan dokument itu?

    Wallahualam Bisawab

  2. kita harus berpikir lebih bijak menanggapi hal ini, oke katakanlah pak harto sudah meninggal kita tidak akan membahas itu tapi apakh semua kasus korupsi dan pelanggaran HAM kroni2 soeharto jg ikut terkubur dalm kuburan..

    tanya hati nurani kita.. pasti akan berontak,, kt butuh keadilan, keadilan yang terampas dari rakyat miskin yang sekarang masih makan nasi aking, yang beli sembako aja tidak mampu..

    saya harap pemerintah bs mengambil langkah tepat mengenai hal ini..

  3. kenapa dokumen itu br sekarg dibongkar,, kt tau rezim p.harto adalh teman sejatinya amrika.

    amerika itu negara pendukung utama pak harto dalm usaha penggulingan kekuasaan soekarno th 65-66 di mana waktu itu pak karno oleh amrika dianggap terlalu mendukung komunis PKI

  4. Saya kurang spakat kalau kita “dilarang” membicarakan orang yang sudah mati. Menurut saya, bukankah kita harus belajar dari siapapun di masa kapanpun. Apalagi kalau dia adalah seorang pemimpin yg pernah diprcaya mengemban amanat rakyat.

    Ngomongin pemimpin yang sudah mati skalipun–maksudnya kebijakannya selama jadi pemimpin–kok saya rasa penting, agar pemimpin yg ada skarang (jg masyarakat) bisa belajar. Dan pemimpin masa datang bisa belajar juga.

    Selama tidak menyebarkan kebencian yg membabi buta, saya rasa tulisan seperti ini bisa diterima.

    Terimakasih. Maaf, saya sudah sok tahu…

  5. @sandra,
    saya suka dengan deskripsi singkatmu mengenai membicarakan orang yang sudah mati. saya percaya, masa lalu dan masa kini serta masa esok berdiri sejajar dalam garis yang menyambung. ia bukan dunia yang menyebalah secara paralel.

    @sammy
    benar, bahwa soeharto wis entek, wis dipateni sama yang punya nyawanya, sehingga sekarang yang lebih penting adalah mengurusi rakyat yang makan nasi aking, pedagang tempe yang gantung diri karena gak bisa beli kedelai, atau tkw yang dieksekusi di luar sana, beserta masalah-masalah lainnya.

    merujuk pada pendapat saya di atas (pada komentar sandra) saya percaya apa-apa yang terjadi di masa orde baru ada kaitannya dengan semua kesemerawutan yang kita hadapi saat ini. saya dapat memahami jalan pikiran anda.

    @ray dan kacung,
    pada tulisan yang lain, saya sudah menyampaikan pandangan saya tentang posisi soeharto di tengah konstelasi politik luar negeri kala itu. di satu sisi dia diperalat oleh amerika, maksudnya, dia tahu kalau dirinya diperalat oleh amerika. tetapi di sisi lain, dia menikmati itu dan menggunakan keinginan amerika untuk ekspansif sebagai kekuatan utamanya di awal-awal orde baru, sampai katakanlah pertengahan 1990an. menjelang lengser, amerika sang dalang merasa bosan. as simple as that.

    @semuanya,
    terima kasih sudah bersedia berkomentar. semoga sudah membaca tentang dokumentasi pembicaraan nixon dan soeharto pada mei 1970. kisah lama, tapi menurut saya masih menarik.

  6. Buat apa dipersoalkan orang yang telah pindah ke alam lain. Seorang Soeharto telah pergi tapi lebih banyak Soeharto Soeharto baru yang bermunculan. Mending itu yang diurusi… daripada ngurus orang mati….

  7. Amerika!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ini cara terbarunya untuk mencoba menghancurkan negara kita…

    mencoban agarkita masuk dalam arena permainan mereka.
    jangan sampai kita terus menjadi boneka amerika..

    dasar konyol

    1. Untuk itu mari belajar sejarah…. Pilih pemimpin negara yg cerdas.. Yang tangkas dan yang beriman…. Para petinggi parpol.. Pilih lah pemimpin.. Yg teruji.. Di organisasi…

  8. \kita harus bangga punya presiden suharto, yang bisa menghancurkan komunis se- akar2nya.Sampai sekarangpun roh2 jendral yang anti komunis/sukarno masih me layang2 dibumi Indonesia.Buktinya apa. Ada sekelompok yang mengejar ngejar2 orang2 yang mau membuat film lastri. Toh penguasa negara/pengayom hukum/rakyat membela nya. Mereka adalah kebal hukum. Jadi sampai kapanpun, orang yang tertindas akan selamanya tertindas.Sudah jangan banyak2 kita membaca sejarah/informatie yang sedang dibuka sendiri oleh big brother. Soalnya apa, akan menunjukkan kepada kita bhw kita adalah bangsa yang tidak merasa malu, untuk membunuhin bangsanya sendiri demi kepentingan bangsa lain waktu itu. Atau kita adalah bangsa yang bodoh, dihasut oleh big brother untuk jangan sampai indonesia menjadi komunis seperti Vietnam. Wah bagaimana jadinya kalau sukarno/komunis menang. Big brother akan kuwalahan. Itu adalah kesuccesan CIA untuk menghancurkan sukarno/komunis tanpa ada satu serdadu america yang terbunuh, dan tidak ada satu bom napalm yang jatuh di indonesia. Kan hebat toh. Nglurug tanpa bolo, menang tanpo ngasorake. Yang masih jadi pertanjaan, kenapa rahasia2 itu sekarang harus dibuka ? setelah senopati kita meninggal ? Apa big brother menyadari , achter af, kalau yang dikerjakan dahulu2 itu pada dasarnya melanggar HAM berat ? Atau big brother mau cuci tangan dengan kesalahan2 yang dulu itu ? Kita lihat saja nantinya, bagaimana sejarah akan menulis. baik yang salah atau benar, baik yang menang atau yang kalah. Yang jelas pak harto adalah pahlawan sejati.

  9. setuju banget ma hadiahnederland,bangsa indonesia belum siap untuk demokrasi,yang ada sekarang saya sebagai masyarakat menengah kebawah yang idup pas pas an makin susah.ga usah liat korupsi ataw yang lainnya.yang pasti hidup orang sekarang lebih susah di bandingkan jaman pa harto.memang korupsi merajalela tapi rakyat di subsidi mulai dari BBM BBG sampai sembako.hidup lebih nyaman dibandingkan sekarang. kalau pak harto masih hidup dan sehat, saya dan banyak orang indonesia lainnya pasti akan mendukung beliau menjadi presiden.hidup bapak pembangunan.

  10. orang bertindak berdasar logika dan kondisi yang terjadi, disatu sisi menghalangi komunisme, adalah pilihan terbaik kala itu. setidaknya orang amerika masih percaya ama tuhan.
    btw suharto juga manusia coy, so kita yang muda jangan niru yang salahnya.

    1. INI lagi kita ketakutan sama komunis. Yang kita bunuh/kita hancurkan itu adalah juga orang islam,kristen ,buda,hindu,atau kong hu chu. Hanya alirannya/politikny komunis.Jadi jangan selalu mengira bhw orang komunis tidak bertuhan.Mereka menyerah, mereka kita habisin tanpa perlawanan sedkitpun.Begitulah kesaktian orde baru mensunamikan ideologie beserta jasad2nya untuk kepentingan big brother. hebat kan ?

  11. mustinya dia (harto) dibunuh dari dulu.. itu orang gak beda sama yang namanya binatang. he is a beast. n also a bitch. pemimpin yang bobrokk!! semua orang muji dia karna pembangunan, kalo dia gak kompromi ama amrik, ya gak bkal tuh ada pembangunan. yang berfikir ini orang baik, i tell you : “you’re such a MORON!!” seakan akan indonesia dibuat hebohh oleh tindakan pembangunan. tapi, semua duit dari amerika, NGUTANG!! pas jatuh tempo, gak bisa bayarm jadilah krisis taun 98. buat gua, emang itu uda a big effort indonesia sampe skrg ini. tapi.. kalo diliat blkgnya, itu orang tuh bajing*n dahsatt.. i swear if i meet him, somewhere, gua ludahin tu orang. siapa yang nyebabin sukarno mati? DIA!!! gua sangat gak setuju melihat dia di RS dgn alat penunjang kehidupan yg wuahhh bgd. coba bandingin sukarno, di kasih dokter, tapi dokter hewan! knpa suharto gak mau tinggal di istana semasa jabatannya? n lbih milih rumah? dihantui rasa bersalah membunuh soekarno!
    gua yakin, dia iblis dari neraka! yang cuma buat bangsa kita susah.
    so, kalo masih ada yg muji” ini orang.. BEGOK! masih mau di masukin pahlawan nasional lagi. ckckck. lebih baik nama soeharto yang lain deh ( kaya petani, guru, dll.) dibandingin SOEHARTO mantan presiden RI ke 2. ckckckck. pas dia divonis meninggal, gua cuma komen. “mau mati aja susah, turut berduka cita”
    tapi tetep, pointnya, kita harus anggep dia juga sebagai orang yang bisa berbuat dosa, biar Tuhan yang ampuni dosa, sayapun manusia berdosa, yang mungkin lebih buruk daripada dia. selama kita hidup di dunia ini, dan terbatasi oleh daging (tubuh) tetep kita bisa masih hidup dalam duniawi dan dalam dosa. karena daging (tubuh) itu jahat.
    thx, he passed away.

  12. pada masa kepemimpinannya pak harto harus berbuat seperti itu alias berhutang ke negara yang kaya krn uang kita gak cukup sementara kita perlu membangun negara ini agar tidak dipandang sepele oleh negara lain, buktinya negara lain banyak yang minta bantuan dan mau bekerjasama dengan Indonesia, jadi gak usah jelekin pak harto deh… soalnya dia jugakan manusia yg mempunyai nafsu dan yang pasti pada masa pemerintahan beliaulah pembangunan di negara kita ini terlaksana dengan baik. Pada masa sekarang ini yang penting kita belajar dari kesalahan orang lain untuk tidak diperbuat lagi dan berusaha untuk memberikan solusi yang baik bagi pemimpin di negara ini untuk tercapainya kemakmuran rakyat Indonesia.

  13. Semoga Soeharto menikmati Apa yang telah di Peroleh dalam 32 tahun ini di alam sana. Untung aja bumi masih bisa menerima. coba kalo kena Rahasia Illahi. ckkk.kkkkkk…kkkk!!.
    dari namanya ja udah tau tho semua : Su is Like Harto is Bondo/Harta. jadi ya sudah sepantasnya Suharto is Seneng Bondo/Harta. peace…….!!!

  14. Apakah rezim2 baru tidak ada yg bs/berani menguliti SOEHARTO sampai keakar-akarnya (si biang kesengsaraan rakyat). Atau memang penguasa2 baru tsb malah punya misi terselubung ingin menyamakan atau mungkin melebihi kehebatan SOEHARTO dalam hal menyengsarakan rakyat. Hati2 dengan calon2 yang saat ini berlagak pahlawan kesiangan. Saling menghujat, mengeroyok, menjatuhkan seolah mengajak rakyat bahwa si anu salah si itu salah. Padahal pada saat tiba gilirannya menjadi penguasa dia2 sendirilah ternyata ygmenjadi penghianat bangsa dan negara ini. Jaman Zahiliyahnya Indonesia akan segera tiba. Nauzubillah min jaliq. Tinggal tunggu tanggal mainnya Allah SWT dengan kemurkaanya akan memberi azab kepada para penguasa tersebut. Amin.

  15. Memang paling enak membicarakan org lain, tp lbh hebat jika kita dapat mengenali diri, sbb dgn mengenali diri maka akan mengenali tuhan kita, kita telah sia2 menghabiskan wkt yg nantinya akan kita pertanggung jwbkan tdk terjadi sesuatu tanpa ijin Allah, semua yg kejadian adlh ujian dan petunjuk bagi yg memahami..

  16. yang bikin ruang diskusi ini yang kacau…pasti lah terjadi pro kontra > suharto itu pahlawan(berjasa) atau penjahat(penguasa rakus : yang cerdik)…………
    …….bagi adik adik yang manis suharto mungkin cuma denger dari cerita/buku dll….jadi sebaiknya JANGAN SOK TAHU DAN KAGA USAH NULIS APAPUN karena KAMU tak kan tahu apapun kebenarannya…….juga kesalahannya….

    buat kakak , oom .bapak yang mengalami masa suharto pasti juga ada yang positif dan negatif….

    yang merasa suharto berjasa …pasti suharto berjasa ..dia itu 4 x jadi presiden masa kaga ada jasanya…..seorang pencuri pasti punya jasa pada anaknya/temannya/tetangganya/dan lainnya…….tapi kalo caranya NEGATIF/KORUPSI BERTAHUN TAHUN/RAKUS/ITU MUNAFIK…FATALNYA ORANG LAIN (RAKYAT) KORBANNYA…NAH INI YG masih “Rindu” suharto juga SAMA JUGA PASTI GOLONGAN TAMAK/RAKUS/EGOIS….HARUS MIKIR DAN TAHU DIRI…..menurut anda demi rakyat…tapi caranya kagak BENER …> YA GAK BENER LAH …gak usah jelimet……kecuali anda juga bangsa serigala lapar….yang kaga mau ngurusin alasannya sudah mati….ah sok religius banget…sok takut dosa(INI BUKAN PERSOALAN MORAL AGAMA)…INI LEBIH PADA KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH …..makanya jangan membela suharto sekalipun 19 tahun berjasa …tapi kalo 1 tahun jadi penjahat …ya penjahat lah……

    alasan saya : dia suharto> ..tiap di sumpah jabatan selalu akan sebaikbaiknya/jujur/…hebatlah janjinya….
    BUKTINYA :> DIA SENDIRI YANG MUNAFIK…MERUSAK JANJINYA SENDIRI…….tapi sayang banyak fansnya…yaitu kaum yang mengejar kesenangan duniawi saja….anda yang kesel setelah baca ini…..hati hati anda juga musti tahu diri…..belajar lagi….dan belajar lagi….

    JADI DIA SENDIRI DAN KELUARGANYA MUSTINYA TAHU DIRI AKIBAT > hianat KE JANJINYA SENDIRI….

    1. DAVE@ orang ngefans soeharto bukan berarti orang tamak, orang rakus… atau yg jelek jelek lainya. “”hati hati anda juga musti tahu diri…..belajar lagi….dan belajar lagi…. “”
      sekarang kita bisa mengukur atau menilai pemerintahan siapa yang bener bener bersih dan pro akan rakyat.

  17. Semua telah berlalu.
    Mengadili Pak Harto bagaikan makan buah simalakama.
    Memang hukum harus tegak, disisi lain image bangsa jadi buruk.
    Yang perlu diperhatikan justru sikap terhadap Amerika.
    Kita harus belajar masa lalu, supaya tidak terjerumus masa yang akan datang.
    Namun bangsa ini sudah terlalu lama dijajah Belanda, terlalu lama menderita.
    Manakala diberi sedikit roti, rela membunuh bangsanya sendiri.
    Waktu kecil saya teringat tetangga yang anggota PKI bernyanyi ” awas inggris dan amerika “,…….
    Setelah sudah berumur saya jadi merenung kebenarannya.

  18. Jaman perjuangan menegakkan republik indonesia ini, motto mereka : amerika kita seterika , inggris kita linggis. Memang terlalu hebat mereka itu. Mengorbankan jasa dan jasadnya. Tapi apa artinya semua itu, yang jelas kita menikmati kemerdekaan, kebebasan. Tapi lebih dari itu, sebagai kroni Suharto, kita kecukupan yang berlimpah2 dan lawan kita dalam bingkai RI tetap menderita. Bravo.

  19. Rezim Soeharto semenjak kanak-kanak sampai saya dewasa tidak satupun ada kesan adil, bijaksana, damai, & makmur.
    Saya ingat betul saat pemilu di akhir tahun 70an, begitu takutnya para pegawai negeri untuk tidak memilih Partainya Soeharto dan itu berlangsung bertahun tahun sampai berakhirnya orde baru. Saat masih sekolahpun sudah di dotrin harus memilih partai tertentu, saat jadi peg swasta pun demikian. Jika tidak jangan harap bisa mendapat ijin lanjutan. Bredel penutupan selalu menjadi ancaman. Sungguh bukan suasana merdeka yg kita rasakan. Diskriminasi, KKN, Korupsi bener bener mendarah daging disetiap lapisan dan sampai saat ini masih sulit buat dipupus.

    1. Model pemerintahan ordebaru/suharto pada hakekatnya model komunis.Yang melawan dihabisin.se akar2nya.Pembunuhan,menteror,meliquideer menindas itu sudah biasa.Dng dalih kalau tidak kita gitukan, kita akan dihabisin oleh mereka.Oleh karena itu jangan kaget kalau kurang lebih 3 juta orang2 komunis/sukarnois ditumbalkan
      Yang lebih kita banggakan ,dunia internasional tidak sampai merambah atau mengadilin kehebatan orde baru.Karena apa ? sebab media internasional dikuasai oleh big brother. Tidak ada satupun pemimpin /pemuka indonesia yang mengatakan itu adalah kesalahan ham( genocide ), kecuali Gus Dur. Sampai detik ini kita merasa benar dlm hal itu. Andaikan ada
      surga dan neraka didunia ini, mereka yang kita tumbalkan itu hidup dineraka, dan kita hidup disurga dng penuh kemewahan/kemenangan.Beruntunglah kita sebagai orang mukmin mempercayai bhw sorga dan neraka adanya setelah kematian. Masja Allah.

  20. betul sekali kita akan selalu mendambakan jaman Suharto yg rakyat lebih makmur dan sejahtera dibandingkan sekarang yg kerusuhan menyebar dimana2, pengangguran lebih banyak, petani juga makin sengsara

  21. Bingung, kalau dulu yang namanya Pak Soeharto gak ada, gimana ya…kemungkinan indonesia jadi Komunis, ato kemungkinan Indonesia Nasakom (apa mungkin cara pandang Beragama digabung dengan tidak beragama), emangnya tanggal , bulan dan tahun berapa ya Pancasila sah sebagai dasar Negara, kok Pak Karno masih lihat lihat komunis untuk hidup di Indonesia ? …hemmm…

  22. Wahai sodaraku semua…….
    kita hanya bisa menghujat,mencaci,cemooh bahkan memfitnah……..
    tapi bila kita mau menyempatkan diri merenung……….sejenak,atau pakai cara bodoh sekalipun boleh………………buatlah perbandingan kehidupan dijaman orla-orba-dan reformasi kebablasan saat ini.sehingga jangankan nasib diri,musim pun sdh tidak teratur.
    saat ini banyak manusia pandai bicara,bersilat lidah.padahal yang dibicarakan belum tentu benar salahnya dan itupun bukan melihat dgn mata kepala sendiri atau mengalami sendiri,tapi masih katanya.hanya mansyur S saja yang jual katanya dan jadi duit….!!!!
    Jasa di Indonesia bagaikan kemarau setahun lebur karena hujan sehari !!! bagaikan menggarami lautan.kenapa kita kita menjadi manusia munafik?bicara masalah surga dan neraka………..kita tidak bisa memprediksi si A masuk neraka atau surga,benar atau salah hanya berdasarkan katanya dan ujar bin ujar.
    semoga bangsa ini tetap utuh dlm NKRI
    dan ingat bahwa INDONESIA bukan hanya pulau jawa dan jakarta karena kami benci dengan demo demo yang apapun bentuknya tapi membawa nama…….ATAS NAMA RAKYAT INDONESIA………….DEMI RAKYAT INDONESIA…..DLL…..ETC
    padahal mereka tidak pernah ada pembicaraan atau tembusan kekami orang KALIMANTAN
    seenak udel demi kepentingan kelompok mereka……….

    bersatu kita teguh bercerai kawin lagi……….okaaaaaaaaay

    Putra Bumi Marunting Batu Aji

  23. Intinya tetap kebenaran harus ditegakan, utk itu perlu digali fakta2 sejarah yg selama ini diputarbalikan oleh rezim Orde Baru, Korupsi Suharto beserta keluarga dan kroni2nya perlu dibuka lebar2 agar bila perlu disita utk negara yg lagi terpuruk saat ini. Jangan karna Suharto sudah mampus lalu segala perpuatannya dikubur bersama dia, Haruslah anak cucu mengetahui perbuatannya agar jangan salah arah dalam memilih arah kemana bangsa ini akan dibawa karna sejarah kelam itu mutlak dijadikan patokan agar jangan terulang lagi.

  24. ALL@ keburukan dan kejelekan pemerintah tak perlu dibicarakan yang penting dan sangat penting BAGI KORUPTOR bener bener dibersihkan Dan HARTA PARA KORUPTOR HARUS BISA DISITA BUAT ASET NEGARA sebagai hukumannya. Tanpa alasan apapun!
    Mungkin Kalo Kasus Korup Jaman soeharto sampai sekarang kalau bener2 dapat di sita, Mungkin kita NEGARA TERKAYA.
    Hanya kita/Rakyat yang bisa Bukan orang2 yang duduk dikursi mewah
    BERSATULAH RAKYAT, MAHASISWA,elemen lainnya… JANGAN PERCAYA PEMERINTAHAN. SMUANYA HANYA UNTUK PARTAI BUKAN RAKYAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s