Inilah Rahasia Mengapa Carrefour Lebih Jago dari Menteri Hatta Rajasa dalam Mengurus Cabai Merah

Tidak ada salahnya membandingkan kemampuan hypermarket Carrefour dalam menyediakan cabai (relatif) murah dengan penjelasan-penjelasan yang disampaikan dua menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II tentang penyebab kenaikan harga cabai belakangan ini.

Dengan membandingkan kedua hal itu, diharapkan pemerintah dapat memetik pelajaran berharga dan mengaplikasikan metode-metode terbaik untuk melayani masyarakat.

Seperti yang telah beberapa kali disampaikan, Menteri Koordinator Perekonomian hatta Rajasa mengatakan bahwa faktor alam berupa curah hujan yang begitu tinggi akhir-akhir ini mempengaruhi panen cabai, yang pada gilirannya merusak hukum supply demand. Ketika barang yang dibutuhkan menjadi langka, maka dengan sendirinya harga akan naik. Jalan keluar yang disampaikan Menteri Hatta: kurangi konsumsi cabai.

Menteri Pertanian Suswono lain lagi. Dia mendapat informasi bahwa ada kelompok tengkulak dan spekulan yang mengambil keuntungan dengan memanfaatkan sejumlah isu. Misalnya, isu kenaikan harga TDL yang membuat komponen harga barang menjadi naik, juga isu peningkatan konsumsi masyarakat, khususnya kaum muslim, menjelang bulan Ramadhan.

Di pasar tradisional, cabai merah diperdagangkan di kisaran Rp 50 ribu per kilo. Di kompleks-kompleks perumahan ada pedagang dengan kereta sorong yang menjual Rp 500 per biji.

Keanehan terjadi di Carrefour. Mulai hari ini (Kamis, 22/7) harga cabai merah per kilo diturunkan menjadi Rp 33 ribu dari harga sebelumnya di pekan lalu Rp 34.500 per kilo. Dari daftar harga 12 produk segar kebutuhan masyarakat, harga cabai merah di Carrefour juga merupakan yang paling murah bila dibandingkan dengan harga cabai merah di tiga hypermarket lainnya. Dua dari tiga sypermarket pesaing menjual cabai merah di atas Rp 50 ribu per kilo dan satu lagi menjual dengan harga Rp 33.275 per kilo.

Harga tomat di Carrefour juga lebih murah dibandingkan di pasar tradisional dan di hypermaket pesaing. Di Carrefour tomat dijual Rp 5.500 per kilo sementara tiga pesaing menjual dengan Rp 7.590, Rp 6.690. dan Rp 6.150. Selain kedua komoditas ini, sepuluh komoditas lain yang dijual dengan harga lebih murah dari produk sejenis di tempat lain adalah udang jebung, cumi bangka, teri medan, kentang granola. Wortel curah, toge curah, gula jawa, ayam broiler dan hati sapi beku.

“Biasanya, berdasarkan teori, jika suatu barang banyak dicari maka harganya akan naik. Tetapi kami tidak. Untuk membantu membantu masyarakat kami tetapkan harga baru yang sangat terjangkau oleh pelanggan kami,” ujar Presiden Direktur Carrefour Indonesia Shafie Shamsuddin dalam jumpa pers di gerai segar Carreour Lebak Bulus, Kamis (22/7).

Program yang disebut Benar Benar Murah (BBM) Jilid II ini, sambungnya, menguntungkan semua pihak. Pelanggan diuntungkan karena membeli produk berkualitas dengan harga lebih murah. Pemasok pun mendapat keuntungan berlipat karena kesempatan meningkatkan penjualan terbuka lebar. Keuntungan lain bagi pemasok adalah jaminan pasar untuk produk-produk yang gampang rusak ini.

Bagaimana dengan petani?

Menjawab pertanyaan ini, Shafie mengatakan bahwa pihaknya tidak berhubungan dengan petani, melainkan dengan banyak pihak yang membina petani termasuk koperasi. Bukan hanya menampung cabai, pemasok-pemasok yang menjadi rekanan Carrefour ini juga membantu petani untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas cabai mereka. Dia memastikan bahwa pemasok produk pertanian ke Carrefour tidak termasuk dalam kelompok tengkulak dan spekulan.

Adapun Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan Kadarman mengatakan bahwa harga murah ini dijamin sampai tiga bulan yang akan datang.

“Kami menyadari bahwa kenaikan harga TDL menaikkan beban masyarakat. Tetapi kami berusaha menjaga komitmen untuk memberikan harga terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.

Jadi, kata kuncinya adalah komitmen, yang tidak hanya diucapkan, tetapi dikerjakan.

One thought on “Inilah Rahasia Mengapa Carrefour Lebih Jago dari Menteri Hatta Rajasa dalam Mengurus Cabai Merah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s