Tak Elok Menteri Hatta Hanya Salahkan Cuaca

Semestinyalah Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa tidak hanya menyalahkan faktor alam seperti curah hujan sebagai penyebab di balik kenaikan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat.

Apalagi hanya sekadar menyarankan agar masyarakat mengurangi konsumsi cabai merah, misalnya, yang harganya sampai berita ini diturunkan masih menggila.

Demikian disampaikan Soeryo Bawono, Ketua Bidang Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil, Kontak Tani Nelayan Andalan (Katena) dalam perbincangan dengan Rakyat Merdeka Onlin beberapa waktu lalu (Kamis, 22/70.

“Memang perubahan iklim dan cuaca belakangan ini membuat hasil panen jadi sulit diprediksi. Tetapi tidak bisa pemerintah atau Menko Perekonomian hanya menyalahkan cuaca. Itu tidak elok. Bulan Juni dan Juli ini biasanya curah hujan sedikit dan sinar matahari banyak. Curah hujan yang banyak membuat bunga cabai rontok, dan itu mengurangi jumlah panen. Lalu, sinar matahari yang kurang membuat cabai yang sedikit ini basah, dan akhirnya busuk. Dengan sendirinya, pasokan cabai jadi berkurang,” urai Soeryo.

Siapapun, sebut Sekjen Induk Koperasi Tani dan Nelayan (Inkoptan) ini mengerti dampak perubahan iklim dengan berkurangnya hasil panen petani. Tidak ada gunanya Menko Perekonomian Hatta menyalahkan faktor cuaca tanpa menjeloaskan langkah darurat apa yang diambil pemerintah untuk menyelamatkan petani dan konsumen.

Dia juga menyayangkan penjelasan yang disampaikan Menteri Pertanian Suswono yang mengatakan harga cabai meninggi karena ulah kelompok spekulan dan tengkulak. Kalau soal spekulan dan tengkulak, sebutnya, tidak usah diomongkan. Toh kedua kelompok itu sudah ada sejak zaman kolonial. Yang harus dilakukan pemerintah, sekali lagi sebut Soeryo, adalah menjelaskan langkah konkret apa yang dapat dilakukan di masa krisis ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s