Inilah Tiga Hal yang Pantas Dilakukan Hatta Cs untuk Selamatkan Harga Cabai

Perubahan iklim dan cuaca memang mempengaruhi kualitas dan pasokan bahan kebutuhan pokok masyarakat, seperti cabai.

Tetapi, daripada sekadar menyalahkan faktor alam juga tengkulak dan spekulan, ada baiknya tim ekonomi pemerintah yang dipimpin Menteri Koordinator Ekonomi Hatta Rajasa mengambil langkah konkret untuk membantu petani dan konsumen.

Menurut Ketua Bidang Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil, Kontak Tani Nelayan Andalan (Katena), Soeryo Bawono, ada tiga hal yang pantas dilakukan pemerintah di masa krisis ini.

Langkah pertama untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga adalah membantu petani pembudidayaan cabai dengan menyediakan berbagai obat dan pupuk yang bisa menambah kekuatan bunga cabai sehingga tidak mudah rontok oleh hujan dan angin.

Langkah kedua, pemerintah juga harus membantu tahap pasca-panen dengan menyiapak sistem pengeringan yang masif. Dan langkah terakhir membantu petani dalam hal manajemen panen sampai distribusi cabai ke pasar dan masyarakat.

Dari studi yang dilakukannya di beberapa negara, Soeryo yang juga Sekjen Induk Koperasi Tani dan Nelayan (Inkoptan), meminta Hatta Cs untuk mulai memikirkan pembangunan sejumlah terminal agribisnis.

“Di Thailand, Vietnam, Jepang, Malaysia dan India, pemerintah menyiapkan terminal agribisnis lengkap untuk menangani komoditas pasca-panen. Ketika komoditas tiba dalam keadaan apapun bisa diselamatkan. Dengan demikian pasokan dan harga akan tetap stabil,” demikian Soeryo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s