Gambarkan Hubungan Penguasa dan Media, Boediono Kutip Falsafah Jawa

Wakil Presiden Boediono memiliki falsafah tersendiri dalam memandang hubungan antara penguasa dan media di era demokrasi.

Falsafah yang diyakininya itu dibeberkannya saat memberikan kata sambutan di acara puncak HUT ke-11 Rakyat Merdeka Group di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta Pusat, Jumat malam (16/7). Selain Boediono kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II seperti Menkominfo Tifatul Sembiring dan Menkop dan UKM Syarif L Hasan, juga beberapa anggota DPR dan perwakilan negara sahabat.

“Di Jawa ada falsafah di antara pujangga. Suatu bangsa akan makmur, gemah ripah loh jinawi, apabila ada manunggaling kawula gusti. Atau, menyatunya antara yang memerintah dan yang diperintah,” katanya sambil menambahkan bila keadaan itu terpenuhi maka akan tercipta keadilan dan kesejahteraan maksimal bagi seluruh anak bangsa.

Falsafah itu, sebut Boediono, mengandaikan bahwa ada raja atau ratu yang adil, yang mendengarkan dan memahami kebutuhan dan pikiran rakyat.

“Tetapi di zaman modern ini, kalau kita menunggu ada raja atau ratu yang adil seperti itu, akan sangat lama,” sambungnya.

Nah, untuk menjawab tantangan ini, sejumlah bangsa dan negara telah lebih dahulu mengembangkan apa yang disebut sebagai demokrasi yang kemudian diadopsi Indonesia di era reformasi. Di dalam sistem ini, kelompok yang memerintah atau penguasa harus mendengarkan pandangan dari kelompok yang diperintah atau rakyat.

“Kalau yang memerintah tidak mendengarkan, maka mereka akan lengser,” sambungnya.

Dengan demikian, di era modern, falsafah di antara pujangga Jawa tadi telah menjelma menjadi sebuah sistem yang walaupun memiliki nama berbeda tetapi pada dasarnya memiliki sifat yang sama, yakni menyatunya perasaan antara penguasa dan rakyat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s