Sukardi Rinakit: 4 Tokoh Layak Jadi Capres 2014

Pemerintahan periode kedua SBY baru berlangsung kurang dari setahun dan pemilihan presiden baru akan digelar empat tahun lagi.

Tetapi pembicaraan mengenai siapa yang akan menggantikan SBY di tahun 2014 nanti memang sudah sampai ke ubun-ubun.

Sejauh ini menurut pengamat politik dari Soegeng Sarjadi Syndicate, ada empat tokoh yang layak menjadi calon presiden di tahun 2014 nanti. Nama keempat tokoh ini diperoleh dari pengamatan di sejumlah kota yang dikunjunginya belakangan ini. Juga dari analisa isi atau content analysis pemberitaan sejumlah media massa nasional dan lokal.

Keempat tokoh itu terdiri dari dua wanita dan dua pria. Namun, sebut Sukardi Rinakit kepada Rakyat Merdeka Online, dari keempat mereka hanya dua yang sejauh ini paling mungkin maju ke arena pilpres, karena keduanya memiliki kendaraan politik yang firm.

“Dua lagi tidak punya kendaraan politik. Kecuali nanti pengusaha non-pribumi bahu membahu membelikan partai politik untuk salah seorang dari keduanya,” ujar Sukardi.

Sementara itu pertarungan kedua tokoh yang telah memiliki kendaraan politik sesungguhnya sedang terjadi. Masing-masing dari mereka telah mengambil posisi yang tegas dan bergerak serta mengakumulasi kekuatan.

“Tampaknya, bila skenario ini mulus, maka menjalang 2014 akan ada perubahan peta. Kelompok lama akan bergabung untuk mendukung salah seorang darinya,” katanya lagi.

Siapa keempat tokoh ini?

Sukardi yang juga pengajar di National University of Singapore (NUS) menggelengkan kepala.

“Nanti saja kita buka. Untuk sekarang, kita bicarakan dulu kenapa partai-partai politik diam sementara banyak kejadian yang kita lihat. Tabung gas meledak, harga sembako naik,” demikian Sukardi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s