Chatroom, Notes

Emang Indonesia Ini Hanya Ada Kasus Century?

Risco Sirait
Emang Indonesia ini hanya ada kasus Century? Coba main ke Papua, NTT dan NTB masih banyak masalah yang jauh lebih mulia dari Century.

Siapa yang ungkit2 kasus Century berarti dia Hanya Oarang yang sakit hati dan suka jadi pahlawan dgn mengatas namakan dan berlindung di balik RAKYAT…

Keterangan foto: Teguh Santosa (paling kiri) menjadi moderator dalam diskusi mengenai kepentingan rakyat di tengah perdebatan mengenai hak menyatakan pendapat dalam skandal dana talangan Bank Century. Sebagai pembicara adalah Arbi Sanit, Mulyana W. Kusuma, Hasrul Azwar (ketua Fraksi PPP), pengacara Suhadi Somomoeljono, dan Ahmad Muzani (ketua Fraksi Gerindra). Diskusi digelar di Hotell Nikko, Jakarta Pusat, Senin, 10 Mei 2010. Foto: Rakyat Merdeka.

Teguh Santosa
Aku memang sakit hati melihat kelakuan pemimpin negeri yang tak kunjung berubah. Menipu, membuai, mengakali, membodohi rakyat. Masalah2 yang terjadi di banyak tempat yang disebutkan di atas, dan tentu saya tidak menutup mata, justru terjadi karena di satu sisi elit korup dan di sisi lain rakyat kerap menganggap itu hal yang biasa dan tidak berhubungan positif dgn kualitas rakyat di daerah. Kalau sudah begini, Risco, kurasa kau pun harus sakit hati.

Ada dua jenis produk kejahatan elit. Pertama yang kasat mata, misalnya kualitas infrastruktur dan jumlah orang miskin yang bertambah atau jumlah orang bunuh diri yang bertambah karena tekanan ekonomi. Kedua, kejahatan yang tidak kasat mata, yang sesungguhnya menghasilkan produk kejahatan jenis pertama tadi.

Dan, sekali lagi, kebanyakan kita tak menganggap itu sebagai hal yang berhubungan.

Risco Sirait
Betul bro… yang saya maksud mengapa harus kita selalu terpusat hanya Century padahal kita tahu itu semua ibarat benang kusut. Lebih baik kita buat yang baru dan lebih membantu negara ini menuju rakyat yang sejahtera.

Sedihkan lihat masyarakat kita masih ada yang tinggal di kandang ayam, bayi ditahan di RS karna (orang tuanya) gak mampu bayar biaya persalinan. Jadi tenaga, dana, SDM yang ada sekarang baiknya di gunakan untuk yang lain aja. Gak usah untuk biaya rapat, akomodasi dll untuk membahas kasus Century…

Teguh Santosa
Ini logika yang juga dipakai Arbi Sanit. Dia bilang, pengusutan skandal kejahatan terencana Bank Century tidak punya kaitan langsung dengan agenda rakyat. Buktinya, kata Arbi, masih ada pengangguran (akar kemiskinan) dan anak2 yang putus sekolah.

Logika ini hanya benar setengah. Pansus Centurygate di DPR dan investigasi yang dilakukan BPK dalam kasus ini bukan untuk menambah lapangan kerja dan menyediakan pendidikan murah.

Apa yg dilakukan DPR dan BPK adalah untuk membongkar skandal dana talangan Bank Century. Mengatakan bahwa kasus2 lain tidak penting sama salahnya dengan mengatakan bahwa kasus Century juga tidak penting.

Risco Sirait
Memang saat-saat seperti ini kita susah membedakan mana yang tulus ingin membangun bangsa ini karna di lain pihak kita juga ingin memperkaya diri, hidup dgn kemewahan, menjaga status. Yang pasti baiknya kita pandai2 membawa diri…

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s