Bush Pertahankan Penyiksaan Water Boarding ala CIA

WATER boarding adalah salah satu teknik penyiksaan yang digunakan dinas rahasia dan militer Amerika Serikat untuk memperoleh informasi dari tahanan.

Seperti namanya, teknik penyiksaan yang dikembangkan sejak jaman Romawi ini menggunakan air sebagai alat tekan utama.

Tahanan diletakkan di atas sebilah papan (board), dengan kepala ditutupi karung atau kain yang biasanya berwarna hitam atau warna gelap lainnya. Sementara kedua tangan dan kedua kaki tahanan diikat agar tidak dapat meronta dan melepaskan diri.

Lalu, ini bagian yang paling menyakitkan, air ditumpahkan terus menerus ke muka tahanan. Sampai ia termegap-megap. Tak jarang penyiksaan ini berakhir dengan kematian.

Beberapa waktu lalu, Kongres Amerika Serikat berdebat keras mengenai teknik penyiksaan water boarding yang digunakan Central Intelligence Agency (CIA) untuk menekan para tahanan di beberapa penjara milik Amerika di luar negeri, mulai dari Guantanamo di Kuba, Bagram di Afghanistan, hingga Abu Ghraib di Irak.

Dan akhirnya, Kongres yang kini dikuasai oleh Partai Demokrat tiba pada satu kesimpulan agar teknik penyiksaan water boarding dilarang.

Tetapi hari Sabtu ini waktu Washington D.C. (8/3), Presiden George W. Bush memveto usul Kongres itu. Menurut Bush, water boarding adalah teknik penyiksaan yang sangat efektif untuk mengetahui kekuatan lawan, terutama di masa perang melawan teroris.

“Usul yang disampaikan Kongres kepada saya akan menghilangkan satu dari beberapa cara yang sangat berharga dalam perang melawan teror. Hari ini saya menyatakan, memveto usul itu,” kata Bush dalam pernyataan yang disiarkan stasiun radio.

Usul Kongres yang ditolak Bush itu berisi panduan bagi aktivitas intelijen. DPR Amerika Serikat telah menyetujui usul itu bulan Desember tahun lalu, diikuti oleh Senat bulan Februari lalu.

“Ini bukan saatnya bagi Kongres untuk menghapuskan praktik yang terbukti ampuh untuk menjaga Amerika tetap aman,” katanya lagi seperti dikutip CNN.

Pendukung usul itu itu mengatakan, teknik penyiksaan seperti water boarding ini tidak efektif untuk mengumpulkan informasi yang akurat, disamping justru merusak pandangan dunia terhadap Amerika Serikat.

“Penyiksaan adalah noda hitam bagi Amerika Serikat. Dan kami tidak akan berhenti sampai larangan ini menjadi aturan hukum,” kata Senator California, Dianne Feinstein.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s