Under the Weather, Maya Tak Datang ke Pesta Obama

SAMPAI malam ini Kaukus Partai Demokrat yang digelar kemarin waktu Hawaii (Selasa, 19/2) masih dibicarakan banyak orang.

Sungguh bukan pemandangan yang biasa menyaksikan ribuan anggota Partai Demokrat di Hawaii berbaris rapi di masing-masing tempat pemungutan suara. Tak kurang dari 37 ribu anggota Partai Demokrat memberikan suara dalam rapat umum ini.

Tadinya Partai Demokrat memperkirakan jumlah pemilih “hanya akan meledak” sampai angka 12 ribu. Sementara kubu Barack Obama sehari sebelumnya memperkirakan anggota Partai Demokrat yang hadir di kaukus berkisar antara 15 ribu sampai 20 ribu.Tetapi, apa boleh buat. Yang memberikan suara ternyata sembilan kali lebih banyak dibanding rekor sebelumnya, Kaukus 1988, yang hanya dihadiri 4 ribu anggota partai berlambang keledai itu.

Foto: Maya dan Konrad ketika memberikan suara di TPS Kawananakoa Middle School. Lihat video Maya dan Konrad saat memberikan suara di TPS 

“Jangankan Anda, saya saja kaget,” kata Daniel Hale, teman yang menemani saya ke Kawananakoa Middle School, TPS yang digunakan anggota Partai Demokrat dari distrik 26, 27, dan 28. Baru 24 jam kami berkenalan, tapi dia sudah menjadi teman baik saya, seperti kami sudah berteman selama bertahun-tahun sebelumnya. Maya Soetoro-Ng, adik Barack Obama, yang memperkenalkan saya pada Daniel saat kami bertemu di Farrington High School hari Senin lalu.

Usai Kaukus, kubu Barack Obama di Hawaii menggelar pesta di sebuah café, E&O Trading Company, di kawasan Ala Moana.

Selain tim sukses Obama di Hawaii, anggota Parlemen Amerika dari Partai Demokrat Neil Abercrombie, yang juga menjadi salah seorang motor utama tim sukses Obama di Hawaii, ikut hadir. Begitu juga Kelly Hu, bintang film Hollywood, kelahiran Hawaii, yang khusus pulang kampung untuk memperkuat tim sukses Obama.

Sayangnya, Maya Soetoro-Ng yang menjadi juru kampanye utama Obama justru tidak bisa hadir. Saudara Obama seibu lain ayah ini hanya diwakili suaminya, Konrad Ng.Konrad tiba sekitar pukul 22.30 dengan sekotak lei yang dibagikannya kepada tim sukses Obama di Hawaii. Dalam kata sambutannya Konrad menyampaikan salam dan ucapan terima kasih dari istrinya, dan tentu saja dari Obama.

“Sayang sekali Maya sedang under weather, dia bekerja begitu keras untuk Kaukus ini. Tadi saya tidak mau meninggalkan dia. Dan kami sedikit berdebat. Katanya, ada begitu banyak orang yang harus disapa, dan kita harus berterimakasih,” cerita Konrad.

Suara Maya memang sudah mulai terganggu sejak hari Senin lalu ketika dia hadir di Farrington High School. Tetapi hari itu ia tetap memaksakan diri untuk berorasi.

Dia juga menyempatkan diri hadir ke TPS Kawananakoa Middle School untuk memberikan dukungan buat kakaknya. Tetapi dia tak banyak berkata-kata. Kepada petugas TPS, Maya mengucapkan terima kasih. Suaranya tak terdengar. Untuk memperjelas ucapan Maya, Konrad berkata, “Thank you.”

Setelah menyerahkan surat suara, Maya dan Konrad buru-buru meninggalkan TPS. Kepada wartawan yang ingin mewawancarainya, Maya menggelengkan kepala dan memberi isyarat tangan untuk mengatakan dia sedang tidak bisa bicara.

3 thoughts on “Under the Weather, Maya Tak Datang ke Pesta Obama

  1. Pak Teguh, selamat pagi (waktu jakarta)

    Perkenankan saya memperkenalkan diri, saya selama ini tidak pernah ketinggalan mengikuti laporan-laporan ekslusif anda dari luar negeri, termasuk liputan berseri anda tentang rangkaian kampanye di AS ini. Nah ini ada satu kebetulan yang menarik , terkait dengan ramainya berita tentang fenomena Obama dgn background Indonesianya itu, saya tertarik dgn wawancara anda dgn Maya Soetoro, karena saya pernah bertemu dgn Maya satu kali, waktu di Semarang awal tahun 80-an. Saat itu Ibu Maya (Ny. Ann Soetoro) bekerja sekantor dgn mendiang ayah saya di Bappeda Jateng, sebagai Konsultan asing, dari USAID kalau tdk salah. Mungkin, kalau saya bisa minta tlg Pak Teguh, ada alamat email dari Ibu Maya atau alamat email kantornya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s