Debat di Texas, Babak Akhir Obama Vs Hillary

BARACK Obama dan Hillary akan berdebat di University of Texas at Austin, pagi ini waktu Indonesia (Jumat, 22/2). Ini adalah debat pertama mereka sejak Barack Obama memimpin perolehan delegasi.

Debat terakhir kedua politisi itu sebelumnya dilangsungkan akhir bulan Januari lalu di California.

Debat yang akan disiarkan langsung oleh CNN pukul 20.00 sampai 21.30 waktu Texas ini juga akan disiarkan oleh stasiun televisi berbahasa Spanyol, Univision, sekita pukul 23.30. Keturunan Hispanik dan Latino adalah konstituen besar Partai Demokrat di negara bagian itu.

Tulisan ini juga dimuat di myRMnews.

Dalam debat akhir Januari lalu, kedua kandidat masih mau saling bertukar canda di atas panggung. Di saat-saat break pun, Obama dan Hillary Clinton berbicara santai dan saling berbisik. Tetapi satu minggu setelah debat di California itu, Obama dan Hillary dipisahkan oleh Super Tuesday, dan kini persaingan keduanya semakin panas.

Di California Obama mengatakan bahwa Hillary adalah temannya dan akan kembali menjadi temannya setelah kampanye ini berakhir. Sementara Hillary mengatakan, tujuan utama Partai Demokrat saat ini adalah merebut Gedung Putih. Setelah presiden Amerika Serikat bersumpah di anak tangga Capitol Hill, dia akan segera menuju Ruang Oval, dan langsung menghadapi begitu banyak persoalan. Mulai dari perlindungan terhadap rakyat sampai perang di Irak dan sebagainya. Hillary mengatakan, rakyat Amerika membutuhkan presiden yang siap bertugas di D-1 atau hari pertama.

Kekalahan beruntun yang dialami Hillary dalam sepuluh kali pertarungan, baik primary maupun caucuse membuat dia harus tampil matang malam ini.

Dalam beberapa kali kesempatan, Hillary menyerang Obama yang menurutnya hanya bisa berorasi, tanpa memberikan solusi. Hillary sendiri kini mengangkat tema baru dalam kampanye, yakni “Solusi untuk Amerika”. Ini untuk memberikan penegasan akan beda antara dirinya dan Obama.

Bila Hillary kembali kalah dalam primary di Texas dan Ohio tanggal 4 Maret, maka jalannya untuk menjadi calon presiden dari kubu Partai Demokrat semakin sulit. Untuk bisa keluar dari lubang jarum, Hillary diperkirakan harus meraih setidaknya 57 persen dari 300-an delegasi yang diperebutkan di dua negara bagian itu.

Seperti kebanyakan orang yang mengikuti pertarungan di kubu Partai Demokrat ini, analis politik Bill Schneider juga mengatakan Texas adalah babak terakhir dari pertarungan antara Obama dan Hillary.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s