Kalah di Ohio dan Texas, Good Bye Hillary

MASA depan karier politik Hillary Rodham Clinton ditentukan tanggal 4 Maret nanti di Ohio dan Texas.

Bila kembali menuai kekalahan dari saingan terberatnya, Barack Obama, Hillary Clinton disarankan untuk mengundurkan diri dari pertarungan.

Sulit membayangkan Hillary dapat bertarung sampai akhir bila istri mantan presiden Bill Clinton ini kembali kalah untuk kesebelas dan keduabelas kalinya secara berturut-turut.

Foto: Salah seorang pendukung Hillary di TPS Kwananakoa Middle School.

Sepanjang dua pekan terakhir, sejak Super Tuesday sampai laga di Wisconsin dan Hawaii kemarin, Hillary Clinton sudah kalah sepuluh kali berturut-turut. Bahkan dia sudah tidak lagi memimpin perolehan delegasi sejak kalah dalam pertarungan sepekan lalu.

Di Ohio dan Texas, Hillary dan Obama akan memperebutkan 334 delegasi. Bila berhasil memperoleh setengah dari jumlah itu, Hillary masih bisa melanjutkan pertarungan. Tetapi kalau tidak, mungkin ada baiknya dia mengundurkan diri.

James Carville, salah seorang yang pernah menjadi penasihat Bill Clinton ketika suami Hillary ini masih berkuasa, termasuk orang yang menyarankan agar Hillary mengundurkan diri bila kalah di Ohio dan Texas.

“Kalau dia kalah di Texas dan Ohio, maka hal ini (pertarungan dengan Obama) berakhir sudah,” kata bekas penasihat strategi Bill Clinton ini.

Analis politik Todd Kleismit, seperti dikutip AP memperkirakan Hillary akan menang di Ohio.

“Ohio adalah negara bagian yang tengah mengalami kelesuan industri manufaktur. Dan Ohio adalah basis pendukung Demokrat dari kelompok pendapatan-rendah yang masih mengingat bom ekonomi di era 1990-an ketika Bill Clinton masih berkuasa,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s