Kalah Lagi, Hillary Bisa Frustrasi

SENATOR New York Hillary Rodham Clinton kembali menuai kekalahan dalam laga Wisconsin.


Sejauh ini dari perhitungan suara sementara di Wisconsin (Selasa malam waktu setempat, 19/2), Barack Obama secara keseluruhan telah mengantongi 1,281 delegasi.Sementara Hillary tertinggal dengan 1,218 delegasi. Obama dan Hillary membutuhkan 2,025 delegasi untuk keluar sebagai pemenang.Ini adalah kekalahan kesembilan yang diderita Hillary dalam waktu dua pekan sejak Super Tuesday tanggal 5 Februari lalu. Kekalahan beruntut ini bisa membuat Hillary kehilangan rasa percaya diri dan selanjutnya frustrasi.Kubu the Grand Old Party pun sudah tak melirik Hillary lagi. Bagi kubu Partai Republik, lawan yang akan mereka hadapi di putaran final nanti adalah Barack Obama, Senator Illinois kelahiran Hawaii.

Jago Partai Republik, John McCain, juga diperkirakan memetik kemenangan mudah di laga Wisconsin. Kemenangan ini akan semakin memperbesar peluang veterang perang Vietnam yang pernah lima tahun disandera pasukan Viet Cong itu untuk menjadi kandidat presiden Amerika dari kubu partai berlambang gajah.

Dalam pidato kemenangannya, McCain yang mengalami penyiksaan luar biasa selama ditahan Viet Cong sempat menyindir Obama; dus di sisi lain memandang sebelah mata Hillary.

“Saya akan bertempur sekuat tenaga setiap hari selama masa kampanye ini untuk memastikan rakyat Amerika tidak dipimpin oleh orang yang ekspresif tetapi kosong dan tidak bisa mencapai perubahan,” kata McCain.

Ini mengisyaratkan bahwa bagi Senator dari Arizona itu, Hillary yang juga mantan the first lady tidak akan mampu mengalahkan Obama, dan itu artinya tidak akan bisa menantang dia di pemilihan presiden bulan November nanti.

“Tujuan kita adalah menjaga agar bangsa ini tetap diberkati, aman, sejahtera, dan bangga,” kata McCain lagi seperti dikutip CNN.

Tetapi mantan Gubernur Arkansas Mike Huckabee yang menjadi saingan terdekat McCain belum mau mengibarkan bendera putih tanda menyerah.

“Kita lihat saja nanti sampai babak terakhir, sampai ada yang memperoleh 1.191 delegasi,” kata Huckabee.

Angka 1.191 yang disebut Huckabee adalah jumlah minimal delegasi yang harus dimiliki McCain untuk melaju ke putaran final pemilihan presiden Amerika.

2 Replies to “Kalah Lagi, Hillary Bisa Frustrasi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s