Barack Obama, Hawaii, News, Notes

Kaukus Hawaii: Obama dan Hillary, Antara Orasi dan Solusi

MENJELANG Kaukus Hawaii yang digelar malam ini (Selasa, 19/2) ketegangan antara kubu Barack Obama dan Hillary Rodham Clinton semakin menjadi.

Senator New York Hillary Clinton jelas tak mau mengendurkan serangan terhadap Senator Illinois Barack Obama. Kali ini, beberapa saat menjelang Kaukus Hawaii, istri mantan presiden Bill Clinton itu berpesan kepada anggota Partai Demokrat agar memperhatikan lebih jauh program yang ditawarkan kandidat.

Pernyataan Clinton ini dimaksudkan untuk meyindir Barack Obama, yang oleh banyak kalangan memang dinilai jarang membicarakan program dalam kampanyenya.

Tulisan ini dimuat di myRMnews.

Secara umum tema kampanye Obama berkaitan dengan upaya menyatukan semua rakyat Amerika dalam visi kebangsaan. Obama yakin hanya dengan ini rakyat Amerika dapat mengubah nasib ke arah yang lebih baik.

Akhir pekan lalu, Hillary Clinton menyampaikan penjelasan secara tertulis untuk anggota Partai Demokrat di Hawaii mengenai program-programnya. Hillary menjelaskan betapa program perlindungan kesehatan yang dia gadang-gadang, misalnya, akan berdampak langsung pada rakyat Hawaii.

“Saya rasa rakyat membutuhkan kedua hal itu. Mereka ingin kembali mempercayai negara, mereka mau kembali bangga pada Amerika. Mereka membutuhkan pemimpin yang dapat menyatukan seluruh rakyat. Tetapi tentu saja mereka pun tidak mau dibodoh-bodohi, dan mereka tidak mau ketika mereka terbangun dari tidur, mereka menyadari bahwa mereka tak dapat apa-apa, melainkan hanya dapat kata-kata kosong belaka,” kata Hillary kepada Honolulu Advertiser.

Dia mengatakan ada perbedaan yang besar antara orasi dan solusi. “Saya yakin aksi akan bersuara lebih keras dari sekadar kata-kata. Dan bila Anda ingin mengetahui apa yang akan dilakukan seseorang di masa depan, lihatlah apa yang telah dilakukannya di masa lalu,” ujar Hillary Clinton lagi yang ketika dihubungi sedang berada di Wisconsin untuk mengikuti pemilihan di sana.

Adapun Obama, yang hari Senin waktu Hawaii juga sedang berada di Wisconsin, dalam teleconference bersama pendukungnya di Hawaii mengatakan keputusannya mencalonkan diri sebagai presiden Amerika diambil setahun lalu ketika ia sedang berada di Hawaii.

“Dan hari Selasa (19/2, saat Kaukus digelar) saya percaya rakyat Hawaii akan membawa saya lebih dekat selangkah lagi (ke Gedung Putih),” kata Obama.

Kemenangan di Hawaii dan Wisconsin, sebut Obama lagi, akan memperbesar peluangnya untuk menang di Ohio dan Texas, dua negara bagian yang tampaknya akan dikuasai Hillary.

Bila Hillary Clinton menang di Texas dan Ohio, bisa diperkirakan dia akan memotong jalan Obama.

“Jadi saat ini kita berada di pojok kemenangan. Kita harus terus bekerja keras, dan keras,” sebut Obama.

Kembali ke Hillary Clinton.

Tidakkah ia gentar melihat hubungan emosional yang begitu dekat antara Obama dan Hawaii tempat ia dilahirkan dan dibesarkan?

“Saya tahu bahwa hubungan dengan komunitas adalah sangat penting. Tetapi saya menilai hubungan saya dengan sebuah negara bagian berdasarkan apa yang pernah saya lakukan di sana sebelumnya. Selain itu, saya juga merasa bahwa sangat penting bagi kita untuk memiliki visi yang jelas tentang arah yang akan diraih Hawaii dan bangsa kita,” ujar Hillary Clinton.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s