Pemilihan Tanpa Surat dan Kotak Suara

RIBUAN orang mengantre di Kawananakoa Middle School. Sekolah ini digunakan sebagai salah satu lokasi kaukus anggota Partai Demokrat. Anggota partai yang berasal dari distrik 26, 27, dan 28 berkumpul di tempat itu.

Antrean sudah terjadi sejak pukul 18.00 waktu Hawaii (Selasa, 19/2). Sebegitu panjang antrean ini, hingga mengular dari pintu masuk Kawanakoa Middle School, menyusuri salah satu koridor, memotong lapangan parkir, memutari halaman olahraga sebelum akhirnya bermuara di kafetaria dan aula sekolah itu.

“Ini luar biasa. Tidak pernah terjadi sebelumnya. Biasanya di kaukus partai (di satu lokasi) hanya 300-an orang yang datang. Tetapi kali ini berbeda. Banyak orang ingin ikut memutuskan siapa yang layak jadi pemimpin Amerika,” ujar seorang anggota Partai Demokrat yang tengah mengantre.

Di sebelahnya seorang pria paruh baya di atas kursiroda ikut antre bersama kerabatnya. Tak jauh dari laki-laki berkursiroda ini, sepasang suami istri datang bersama anak mereka yang tertidur di kereta bayi.

Hari semakin gelap. Langit sedikit mendung. Tapi tidak ada tanda-tanda hujan akan turun. Angin yang bertiup dari arah bukit membawa gumpalan awan ke selatan, menuju laut.

Panitia tampak kewalahan. Beberapa dari mereka hilir mudik kesana kemari menjelaskan proses yang akan dilalui anggota Partai Demokrat dalam memberikan suara. Anggota partai dipersilakan menuju lokasi rapat sesuai asal distrik. Misalnya, semua anggota partai dari distrik 27 berkumpul di kafetaria Kawanakoa Middle School. Di tempat ini, panitia memecah anggota berdasarkan sub-distrik.

Namun sebelum bergabung dengan sub-distrik, anggota Partai Demokrat harus memperlihatkan kartu anggota mereka kepada panitia kaukus.

Sementara bagi yang belum terdaftar sebagai anggota Partai Demokrat, tetapi ingin mengikuti kaukus, mereka wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pendaftaran sebagai anggota Partai Demokrat dapat dilakukan on arrival di front office.

Syaratnya mudah. Si calon anggota hanya perlu memperlihatkan kartu identitas penduduk Hawaii yang mereka punya.

Tidak ada surat suara, tidak ada kotak suara. Dukungan terhadap calon presiden dari Partai Demokrat disampaikan secara tertulis dalam secarik formulir. Petugas di setiap sub-distrik mengumpulkan “surat suara” itu dalam sebuah amplop coklat yang tidak disegel.

Partai Demokrat memperkirakan jumlah peserta kaukus hari ini melonjak jauh dari perkirakan sebelumnya, yakni antara 15 ribu hingga 20 ribu orang.

Ini adalah rekor baru bagi Hawaii. Catatan tertinggi sejauh ini terjadi di akhir 1980-an. Saat itu hanya sekitar 4 ribu anggota partai yang mengikuti kaukus. Angka terendah tercatat dalam pemilihan tahun 2004.

Tetapi kini keadaan berbalik.

“Rasa kecewa pada pemerintahan Bush adalah faktor utama yang melahirkan ledakan pemilih ini,” kata seorang laki-laki yang baru memutuskan ikut pemilihan presiden setelah melihat Barack Obama, Senator Illinois kelahiran Hawaii, menang di Super Tuesday.

“Saya merinding. Perubahan itu tampak semakin dekat,” katanya lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s