News, Press Freedom

Iran Larang Kunjungan DPR Denmark

PEMERINTAH Iran melarang delegasi Parlemen Denmark mengunjungi negara itu sebelum pemerintah Denmark menyampaikan permohonan maaf kepada umat Islam atas pemuatan kembali kartun yang menghina Nabi Muhammad di belasan media cetak Denmark, beberapa hari lalu.

Delegasi Denmark akan berkunjung ke Iran untuk melakukan studi mengenai perlindungan HAM dan program nuklir.

Pemuatan kartun yang menghina Nabi Muhammad dikhawatirkan membangkitkan kembali gelombang protes besar seperti yang terjadi dua tahun lalu.

Kartun karya Kurt Westergaard yang dimuat secara serempak itu adalah satu dari 12 kartun yang pernah dimuat koran Denmark Jyllands-Posten akhir September 2005.

Gelombang protes yang terjadi di banyak negara atas pemuatan kartun itu mulai marak di awal 2006. Sebagai buntut dari gelombang protes ini, Perdana Menteri Denmark sempat menyampaikan permohonan maaf.

Belasan media cetak Denmark kembali memuat kartun itu menyusul penangkapan tiga orang yang menurut dinas rahasia Denmark sedang mempersiapkan rencana pembunuhan Kurt Westergaard, sang kartunis.

Dari 12 kartun yang dimuat Jillands-Posten di akhir September 2005, kartun karya Kurt Westergaard dianggap paling memperlihatkan penghinaan.

Kartun ini memperlihatkan seorang laki-laki yang tengah mengenakan sorban dari bom yang sedang menyala.

Menurut pemerintah Iran, pernyataan maaf pemerintah Denmark akan meyakinkan mereka bahwa pemerintah Denmark sama sekali tidak mendukung penghinaan terhadap Nabi Muhammad dan Islam.

Anggota Parlemen Denmark dari Partai Rakyat Sosial, Villy Soevndal, yang juga masuk dalam rombongan yang dilarang berangkat itu menolak permintaan Iran.

“Bukan kami yang harus minta maaf,” katanya seperti dikutip BBC.

“Bila ada yang harus minta maaf untuk kemerdekaan berbicara, hak asasi manusia, penahanan, esekusi, dan demokrasi yang kurang, itu adalah Iran,” kata dia lagi.

Juga dilaporkan bahwa Kementerian Luar Negeri Denmark mendukung pembatalan keberangkatan delegasi parlemen ini.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s