Kartun Nabi Muhammad di Situs Rakyat Merdeka Diprotes

Suwarjono – detikcom

Jakarta – Seperti apa kartun Nabi Muhammad yang memicu perselisihan antara pers Barat dan kaum Muslim? Gambar ini sampai juga ke Indonesia. Gambar yang dirilis koran terbesar di Denmark Jyllands-Posten akhir 2005 itu dimuat juga oleh situs rakyatmerdeka.co.id.

Dalam rubrik foto situs Rakyat Merdeka Kamis (2/1/2006), kartun Nabi Muhammad terpampang jelas. Nabi Muhammad digambarkan mengenakan sorban bom, berjambang dan pada bagian mata diblok garis merah. Dalam penjelasan di bawahnya, pemberian blok merah sengaja diberikan untuk menghindari penggambaran yang vulgar.

Pemuatan kembali gambar Nabi Muhammad tersebut mendapat protes sejumlah kalangan. Ketua Fraksi FPPP DPR Endin J Soefihara mengaku khawatir pemuatan gambar tersebut akan memicu kemarahan rakyat Indonesia.

“Saya khawatir pemuatan gambar ini memicu emosi baru. Saya memahami kemarahan warga Muslim dunia atas adanya gambar Muhammad. Mendengar kabar dikarikaturkan saja marah, apalagi setelah melihat gambar ini secara langsung seperti ini,” kata Endin.

Endin mempertanyakan apa maksud Rakyat Merdeka memuat gambar Nabi Muhammad tersebut. “Apakah bertujuan untuk memberikan infomasi atau untuk mengangkat emosi. Saya kira mereka harus menjelaskan hal ini. Semoga keinginan memberikan informasi tidak menyulut kemarahan,” lanjutnya.

Endin meminta agar pemuatan gambar Nabi Muhammad yang dimuat ulang sejumlah media di Eropa tidak ditiru oleh media Indonesia. Karena masyarakat Indonesia mempunyai penduduk Muslim yang besar.

“Atas kejadian ini saya meminta kehati-hatian media kita,” tandas Endin.

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/02/tgl/02/time/160720/idnews/531164/idkanal/10

Published by

TeguhTimur

Born in Medan, lives in Jakarta, loves Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s