Legal Cases, News

Pimred Situs rakyatmerdeka: Pemuatan Kartun Nabi Muhammad Untuk Informasi ke Publik

Suwarjono – detikcom

Jakarta – Pemuatan kartun Nabi Muhammad di situs rakyatmerdeka.co.id sama sekali tidak bermaksud untuk membangkitkan amarah umat Muslim Indonesia. Pemuatan tersebut justru untuk membantu masyarakat Indonesia untuk melihat seperti apa gambar yang diributkan oleh kalangan Muslim dunia tersebut.

“Itu untuk informasi ke publik, tidak ada maksud untuk membangkitkan amarah warga Muslim,” kata Pemimpin Redaksi situs rakyatmerdeka.co.id Teguh Santosa saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Kamis (2/1/2006) pukul 16.00 WIB.

Lebih lanjut Teguh mengungkapkan, pemuatan kartun Nabi Muhammad seperti yang termuat dalam rubrik foto situsnya pernah dimuat bulan Oktober 2005 lalu. “Waktu itu bulan puasa. Kita muat persis di situs rakyatmerdeka. Kita sudah menghubungi tokoh-tokoh Muslim untuk memberikan komentar. Baik dari FPI maupun yang lain-lain. Tetapi tidak ada respons,” katanya.

Untuk itu, Teguh tidak khawatir pemuatan tersebut akan memicu amarah umat Muslim di Indonesia. “Pemuatan kartun itu bukan hal baru. Kita sudah pernah muat lama. Dan kartun itu jika dicari di internet sangat mudah didapat,” katanya.

Untuk menghindari gambar vulgar, pihaknya sengaja memasang blok merah di bagian mata. “Karena tujuan kita jelas, bukan untuk memicu amarah tetapi memberikan informasi kepada publik,” tandas Teguh.

Dalam rubrik foto situs rakyatmerdeka Kamis (2/1/2006), kartun Nabi Muhammad yang kontroversial itu terpampang jelas. Nabi Muhammad digambarkan mengenakan sorban bom, bercambang dan pada bagian mata diblok garis merah.

Pemuatan kembali gambar Nabi Muhammad tersebut mendapat protes sejumlah kalangan. Ketua Fraksi FPPP DPR Endin J Soefihara mengaku khawatir pemuatan gambar tersebut akan memicu kemarahan rakyat Indonesia.

“Saya khawatir pemuatan gambar ini memicu emosi baru. Saya memahami kemarahan warga Muslim dunia atas adanya gambar Muhammad. Mendengar kabar dikarikaturkan saja marah, apalagi setelah melihat gambar ini secara langsung seperti ini,” kata Endin.

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/02/tgl/02/time/165105/idnews/531226/idkanal/10

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s