Kekuatan Militer China Semakin Menggetarkan

j31-03

Tidak dapat dipungkiri, kekuatan militer Republik Rakyat China semakin mengagumkan dan menggetarkan. Pekan ini, China menggelar airshow di Zhuhai, sebuah kota di selatan negeri itu.

Di dalam pameran udara itu, China memperlihatkan kepada dunia beberapa pesawat tempur baru yang mereka produksi dan digunakan secara eksklusif oleh Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China.

Pameran udara di Zhuhai ini memiliki perbedaan dengan pameran yang digelar di tempat-tempat lain dan sudah masuk dalam kalender pameran udara internasional seperti di Le Bourget, Prancis atau di  Singapura dan Dubai serta Farnborough. Pada pameran udara umumnya, penyelenggara menyediakan tempat dan kesempatan bagi produsen bertemu dengan calon klien.

Tetapi di Zhuhai hal itu tidak ditemukan. Pameran di Zhuhai memang ditujukan untuk memperlihatkan kemampuan militer China di udara, selain tentu saja memperlihatkan kepada dunia kemampuan China memproduksi pesawat-pesawat tempur sendiri.

Dari sekian banyak jenis pesawat yang dipamerkan China, dua pesawat tempur yang tampaknya bisa menggetarkan produsen pesawat sejenis di negara lain adalah Chengdu J-20 dan Shenyang J-31.

CNN dalam laporannya mengatakan kedua jenis pesawat China ini bisa membuat produsen pesawat, misalnya, Lockheed Martin F-35, terlihat grogi membayangkan tantangan militer China beberapa dekade lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s