Jokowi Tentu Sadar Butuh Menteri yang Bisa Wujudkan Trisakti

Presiden terpilih Joko Widodo tentu menyadari benar bahwa untuk membangun pemerintahan yang bisa mewujudkan prinsip Trisakti dia harus menunjuk menteri dari kalangan yang memahami arti membangun kemandirian bangsa.

Hal itu antara lain disampaikan Pemimpin Redaksi Kantor Berita RMOL dalam dialog dengan RRI Pro 1 tadi pagi (Senin, 13/10). Dalam dialog yang dipandu Ratih Atmodjo itu Teguh mengomentari sejumlah pertanyaan yang berkembang mengenai penyusunan kabinet Jokowi-JK.

Misalnya tentang ukuran kabinet, apakah gemuk atau langsing. Juga soal apakah menteri merupakan wajah baru atau wajah lama. Pertanyaan lain yang kerap diajukan berkaitan dengan perekrutan yang tampaknya agak tertutup dibandingkan dengan pembentukan kabinet SBY yang lalu.

Menurut Teguh yang paling penting sebenarnya bukanlah ketiga hal di atas. Melainkan, apakah kabinet nanti dapat bekerja dengan efektif.

Ada wajah lama yang pernah jadi menteri tidak pantas diajak karena kontroversial dan dinilai publik memiliki kaitan dengan kasus hukum, juga sebenarnya tidak terbukti dapat memperkuat pondasi kemandirian bangsa.

Tetapi ada juga wajah lama yang layak diajak karena terbukti punya keberpihakan pada ajaran Trisakti dan memiliki kemampuan komunikasi lintas partai dan kelompok.

Kabinet juga dinilai berhasil atau tidak bukan karena ukurannya, tetapi karena kemampuannya.

Begitu juga dengan penilaian sorotan masyarakat berkaitan dengan proses yang tertutup.

Masih menurut Teguh, proses pembentukan kabinet yang relatif tertutup juga tidak begitu penting. Dia yakin, Jokowi memahami benar apa yang dimaksudnya dengan semangat Trisakti.

“Jokowi sudah meletakkan pondasi yakni Trisakti. Sekarang menyusun brick by brick agar sesuai dengan pondasi Trisakti itu,” demikian Teguh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s