Inilah Penjelasan tentang Keberadaan Anies Baswedan

Taken from RMOL.

Anies Baswedan dikabarkan menghilang dari tim kampanye Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Indikasinya, batang hidung Rektor Universitas Paramadina itu tidak nampak di layar kaca saat Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mendeklrasikan kemenangan Jokowi merujuk pada hasil perhitungan cepat sejumlah lembaga survei politik yang selama ini mendukung pasangan Jokowi-JK.

Beredar informasi yang mengatakan Anies Baswedan tergusur dari panggung. Adapun yang menggusurnya adalah Megawati dan kelompok petinggi PDIP yang merasa paling memiliki Jokowi.

M. Chozin Amirullah, salah seorang sahabat Anies Baswedan, mengatakan bahwa isu Anies Baswedan menghilang memang sedang dimainkan pihak lawan untuk memberi tekanan kepada duet Jokowi-Hatta.

Chozin mengatakan, hubungan Anies dan Jokowi biasa-biasa saja seperti sebelumnya. Baru hari ini (Sabtu, 12/7) Anies Baswedan liburan dengan keluarga dan “off dari publik.”

“Kasihan, sudah lama waktu keluarga hilang. Soalnya setiap hari pulang tengah malam terus,” ujar Chozin.

Edward Suhadi, seorang fotografer yang sepanjang tanggal 9 Juli berada di dekat Anies Baswedan juga memberikan kesaksian.

Menurut Edward dalam akun Twitter @edwardsuhadi, dirinya minta izin untuk nempel Anies Baswedan selama tanggal 9 Juli agar dapat mengabadikan momen bersejarah.

“Jadi saya tahu pasti dimana doi seharian (tanggal 9 Juli),” tulis Edward.

“Mas Anies ikut kok ke rumah Ibu Mega bersama Pak Jokowi. Bahkan semobil. Aku ikut iring-iringannya yang paling belakang,” ujarnya lagi.

Sampai di kediaman Mega di Kebagusan, Jakarta Selatan, Edward dan seorang asisten Anies sempat tertahan di luar karena ruangan sudah dipenuhi oleh jurnalis dan jumlah yang boleh masuk ke ruang deklarasi dibatasi.

“Tidak berapa lama Mas Anies muncul dan mengajak kami masuk. Saat acara deklarasi sudah mulai, acara sesak lautan manusia,” masih kata Edward sambil menyertakan sebuah foto yang diambilnya yang memperlihatkan betapa padat ruang pertemuan itu.

Itu juga sebabnya, Anies BAswedan tidak berdiri bersama para petinggi tim kampanye Jokowi-JK.

“Karena doi bukan model yang harus nongol. Ada kan yang model begitu. Doi ada di kanan luar kamera,” masih kata Edward sambil menyertakan foto yang memperlihatkan Anies Baswedan sedang diwawancarai seorang jurnalis televisi.

Jadi, Edward menyimpulkan, kultwit mengenai ketidakhadiran Anies Baswedan yang sampai 40an itu jumlahnya jelas ngawur dan ngarang.

Dia juga menambahkan, Anies juga satu mobil dengan Jokowi dalam perjalanan ke Tugu Proklamasi pada petang harinya. Anies dan Jokowi juga satu mobil ketika ke Stasiun MetroTV pada malam harinya.

“Jadi opo maksute Anies Baswedan menghilang?” demikian Edward.

One thought on “Inilah Penjelasan tentang Keberadaan Anies Baswedan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s