Okke Rajasa Bisa Jadi Ibu Tenun Indonesia

1495_img

Jakarta – Keseriusan Otiniwati Ulfadariah alias Okke Rajasa bersama Yayasan Cita Tenun Indonesia (YCTI) dalam melestarikan dan mengembangkan tenun terus mendapatkan pengakuan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam sebuah sarasehan budaya yang diselenggaran Rakyat Merdeka Group, Okke diberikan penghargaan atas dedikasinya pada tenun Indonesia. Karena perjuangannya yang tak kenal lelah untuk menduniakan tenun Indonesia, khususnya dari Sumba, banyak kalangan menganggap, Okke bisa menjadi ibu tenun Indonesia.

Dalam orasi budayanya, sesaat setelah mendapatkan penghargaan, Okke menyampaikan tenun Indonesia saat ini sudah didaftarkan ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan sebagai warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage) dengan nama Tenun Ikat Sumba Indonesia.

“Dipilihnya Tenun Sumba sebagai warisan budaya Indonesia, merupakan sebuah keseriusan kita dalam menjaga dan melestarikan budaya yang ada. Oleh sebab itulah kami mendaftarkannya ke UNESCO agar diakui oleh dunia,” ujar Okke dalam orasi budaya di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Rabu malam 20 Maret.

Okke menambahkan, dipilihnya tenun Sumba untuk didaftarkan ke UNESCO karena Sumba, karena bisa mewakili seluruh tenun yang dimiliki sejumlah wilayah di Indonesia. Dari segi tehnik pembuatannya dan aspek tekstur, tenun Sumbawa sudah bisa mewakili Indonesia.

“Tenun Sumba dapat dibuat dengan tiga teknik tenun datar yang dapat ditemui di sejumlah daerah. Tenun Sumbawa dikombinasikan dengan songket, ikat dan teknik lainnya seperti batik,” ujar Okke. Keistimewaan lainnya dari tenunan Sumba adalah dapat juga dibuat seperti songket dan ikat. “Karenanya tenun Sumba dapat mewakili seluruh tenun yang ada di sejumlah daerah di Indonesia, dan karena itu kita daftarkan ke UNESCO,” terang istri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Hatta Rajasa ini.

Dalam acara yang dimeriahkan oleh Komunitas Sahabat Sumba ini, Okke juga menjelaskan bahwa eksistensi tenun di mata dunia sudah semakin diakui belakangan ini. Oleh sebab itu banyak orang asing yang jatuh cinta pada tenun Indonesia yang identik dengan untaian benang aneka warna indah.(FF)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s