Dubes Kartini Menunggu Kehadiran Sabar Gorky

Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir yang lebih dikenal sebagai Kartini Sjahrir senang mendengar rencana Sabar Gorky mendaki Gunung Aconcagua di Argentina awal Desember yang akan datang.

Gunung setinggi 6,962 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang berada di Provinsi Mendoza itu adalah gunung tertinggi di Pegunungan Andes yang membelah Amerika Latin dari utara ke selatan dan mebatasi Argentina di timur dengan Chile di barat.

Kata Dutabesar Republik Indonesia untuk Argentina, Paraguay dan Uruguay itu, Aconcagua adalah gunung yang begitu menantang dan merupakan gunung tertinggi kedua dalam daftar tujuh puncak tertinggi dunia atau Seven Summits.

Kegembiraan Kartini Sjahrir yang juga Ketua Umum Partai Indonesia Baru (PIB) itu disampaikan saat bertemu dengan Promotor Ekspedisi Merdeka Teguh Santosa dan manajer pendakian Dar Edi Yoga di kediaman tokoh nasional Rachmawati Soekarnoputri, Jalan Jati Padang Raya, Jakarta Selatan, Minggu sore (19/2).

“Saya sudah mendengar kisah dan petualangan Mas Sabar. Kami tentu senang menyambut kehadirannya,” ujar Kartini.

Kata Kartini lagi, gunung adalah sebagian dari jiwanya. Alumni Jurusan Antropologi Universitas Indonesia (UI) ini pernah menjadi Ketua Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) UI pada tahun 1975. Berbagai gunung yang berada di Indonesia telah didakinya.

Sejauh ini Sabar Gorky telah mendaki dua dari tujuh puncak tertinggi di dunia. Elbrus di Rusia yang merupakan puncak tertinggi di Eropa ditaklukkannya pada bulan Agustus tahun lalu. Sementara Kilimanjaro di Tanzania ditaklukkannya di bulan November tahun yang sama. Untuk tahun ini, selain Aconcagua, Sabar juga berencana mendaki Carstensz di Puncak Wijaya, Papua, pada bulan September.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s