Pemerintah Baru Perkuat Hubungan dengan Partner Penting Kedua

Menteri Luar Negeri Maroko Saad-Eddine El Othmani menyampaikan keinginan kuat negaranya memperkuat hubungan dengan negara-negara Asia. Berbagai program dan inisiatif akan diluncurkan untuk mempromosikan politik, ekonomi dan hubungan budaya dengan negara-negara di kawasan itu.

Menlu El Othmani juga mengakui kawasan Asia sebagai kawasan terpenting kedua bagi Maroko setelah Eropa.

Demikian disampaikan Menlu El Othmani dalam pertemuan dengan Dutabesar negara sahabat Maroko di Rabat hari Selasa kemarin (11/1).

Juga disebutkan bahwa kebijakan luar negeri pemerintah baru Maroko hasil pemilihan umum bulan November yang lalu itu adalah membangun basis umum hubungan luar negeri dan prinsip-prinsip umum yang melandasi diplomasi Maroko. Hubungan luar negeri itu akan didasari pada prinsip keterbukaan, diversifikasi partner dan upaya menjaga hubungan internasional yang berimbang. Dia juga mengatakan, Maroko dapat menanamkan momentum baru hubungan luar negeri dalam menghadapi berbagai tantangan dan persoalan global.

Maroko yang terletak di pojok barat Afrika Utara adalah merupakan satu-satunya negara yang sejauh ini dapat melewati gelombang demokratisasi di kawasan itu dengan baik. Pada bulan Juli tahun lalu Maroko menggelar referendum untuk mengandemen konstitusi. Diikuti pemilihan umum pada akhir November.

Posisi geografi Maroko yang strategis dan kondisi alamnya yang terdiri dari pegunungan dan gurun juga dinilai banyak kalangan menyimpan nilai ekonomi yang tinggi. Eropa, misalnya, tengah mempersiapkan proyek pembangkit listrik tenaga surya dari Gurun Sahara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s