Pemerhati: Boediono Juga Punya Peran di Balik Konflik

RMOL. Jalan pikiran Wakil Presiden Boediono juga berperan di balik berbagai konflik di tengah masyarakat Indonesia belakangan ini yang sesungguhnya berlatar belakang kesejahteraan.

Kebijakan ekonomi yang diintrodusir Wakil Presiden Boediono yang mendampingi Presiden SBY, sebut pengamat konflik Teguh Santosa, pada praktiknya memperlebar kesenjangan ekonomi. Sejak masa kampanye tahun 2009 lalu, ujar Teguh, Boediono tidak pernah bicara bagaimana caranya memperkuat perekonomian rakyat.

“Yang dibicarakannya (Boediono) sejak kampanye adalah menjual BUMN ini dan itu. Sementara industri kita merangkak. Lapangan kerja yang berkualitas kurang,” ujarnya dalam Dialog Kenegaraan di DPD, Senayan bertema “Menjaga NKRI, Mencegah Perpecahan Daerah, Jangan Ulang Tragedi Ambon”, Rabu siang (14/9).

Selain Teguh, yang juga menjadi pembicara dalam diskusi itu adalah anggota DPD dari Provinsi Maluku, John Pieris, Ketua Tim Kerja Penanganan Konflik Sosial di Komite I DPD yang juga anggota DPD dari Provinsi Lampung, Anang Prihantoro, serta anggota Komisi II DPR dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Malik Haramain.

Teguh juga menyebut ekspor bahan mentah sebagai salah satu penyebab kehancuran industri dalam negeri, dan selanjutnya faktor yang turut membangun pondasi konflik.

Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Maroko ini mencontohkan konsumsi kopi di Maroko yang cukup tinggi, hingga 36 juta kg per tahun. Sebanyak 60 persen dari kopi yang dikonsumsi masyarakat Maroko adalah kopi dari Indonesia yang sayangnya mereka beli di pasar Eropa.

“Padahal dengan mengekspor bahan mentah ke luar negeri, maka kita sebetulnya mengekspor lapangan pekerjaan dan nilai tambah. Bayangkan kalau kopi, atau komoditas mentah lain yang kita ekspor ke luar negeri selama ini, dikelola di dalam negeri. Betapa banyak lapangan kerja yang tersedia. Dan ini akan mengurangi konflik,” lanjut dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah di Jakarta ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s