Jeffrey Winters: Sri Mulyani Bisa Jadi Wakil Presiden untuk Rizal Ramli

Ada satu hal yang tersisa dari kuliah umum Profesor Jeffrey A. Winters di Rumah Integritas, Jalan Latuharhari No. 16, Menteng, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu (Jumat malam, 3/6).

Di markas pendukung Sri Mulyani Indrawati itu, Indonesianis dari Northwestern University, Amerika Serikat ini didaulat Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) menyampaikan kuliah umum bertema “Ancaman Oligarki dan Masa Depan Politik Indonesia”.

Jeffrey Winters baru saja menyelesaikan sebuah buku berjudul “Oligarchy” yang diterbitkan awal tahun ini. Buku tersebut merekam praktik kekuasaan oligarkis di sejumlah negara di dunia di dunia, termasuk Indonesia. Jeffrey Winters mengulas hubungan negara dan modal, pergerakan modal dan kekuatan investor. Juga peranan Dana Moneter Internasional (IMF), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), serta Bank Dunia dalam mendukung oligarki di sejumlah negara. Hal lain yang dibahasnya adalah praktik hak asasi manusia, otoriterianisme, dan transisi demokratis negara-negara pasca kolonial.

Rencana kuliah umum Jeffrey Winters memberikan kuliah umum di markas penganjur neoliberalisme Sri Mulyani sempat jadi pertanyaan sementara kalangan yang selama ini menilai pokok pikiran Jeffrey Winters yang cenderung membela ekonomi kerakyatan dan kemandirian sebuah bangsa bertolak belakang 180 derajat dengan pokok pikiran Sri Mulyani yang sangat setia pada ideologi pasar bebas dan ketergantungan terhadap dunia luar.

Usai kuliah umum tersebut, kepada sejumlah koleganya, Jeffrey Winters menjelaskan bahwa kuliah umum di Latuharhari bukan bentuk dukungan dirinya untuk Sri Mulyani.

I did not support SMI. I only said if she is serious about running she should return to Indonesia immediately,” ujar Jeffrey Winters.

Jeffrey Winters juga tidak mau bila pendukung Sri Mulyani menggunakan kuliah umumnya itu sebagai bahan kampanye. Maka ia berpesan sungguh-sungguh agar rekaman kuliah umumnya itu sama sekali tidak digunakan dalam kampante Sri Mulyani. Jeffrey Winters terlihat sadar bahwa kehadirannya bisa dimanfaatkan secara sepihak, dan bisa menjebak dirinya.

Usai kuliah umum, dalam perjalanan meninggalkan ruangan, Jeffrey Winters ditanya oleh wartawan mengenai siapakah kandidat presiden terbaik untuk tahun 2014.

“I said RR (Rizal Ramli),” ujarnya.

Bagaimana dengan Sri Mulyani?

“Dia (Sri Mulyani) bisa jadi wakil presiden untuk Rizal Ramli,” jawab Jeffrey Winters bercanda sambil tertawa.

Advertisements

1 thought on “Jeffrey Winters: Sri Mulyani Bisa Jadi Wakil Presiden untuk Rizal Ramli”

  1. Mungkin maksudnya, sekalipun kalah dalam SEGALA HAL dari SMI, RR tetap lebih layak jadi presiden. Kita tinggal bertanya, kriteria apa yang belum dibicarakan dalam penentuan siapa wakil siapa presiden?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s