Rizal Ramli, Din Syamsuddin dan Surya Paloh Bergabung di Bawah Panji Universitas Bung Karno

Sejumlah tokoh nasional antara lain, ekonom senior DR. Rizal Ramli, Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Ketua Umum Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh, bersatu di bawah panji Universitas Bung Karno (UBK).

Hari ini (Rabu, 13/4), di Aula Ir. Sukarno Universitas Bung Karno, Jalan Kimia, Jakarta Pusat, ketiga tokoh itu bersama sejumlah tokoh lain akan diperkenalkan sebagai pengurus Dewan Penyantun UBK periode 2011-2015. Susunan Dewan Penyantun itu akan diperkenalkan Ketua Dewan Pendiri Yayasan Pendidikan Sukarno (YPS), Rachmawati Soekarnoputri. Ketua Umum YPS Benny Soemarno dan Rektor UBK Radi A. Gany juga akan ikut hadir dalam launching tersebut.

Selain Rizal Ramli yang dipercaya sebagai ketua, serta Din Syamsuddin dan Surya Paloh sebagai anggota, Dewan Penyantun UBK periode 2011-2015 juga diperkuat sejumlah tokoh seperti mantan Kasal Laksmana (purn) Bernard Kent Sondakh, pengacara senior Otto Hasibuan, dan Guruh Soekarnoputra. Adapun pelindung Dewan Penyantun UBK adalah Naoko Nemoto alias Ratna Dewi Soekarno, salah seorang janda Bung Karno.

Semua tokoh yang memperkuat Dewan Penyantun UBK periode 2011-2015 bukanl figur baru di lingkungan UBK. Rizal Ramli misalnya, kerap diundang Rachmawati untuk membicarakan sejumlah hal penting kebangsaan, terutama yang berkaitan dengan upaya menciptakan kemandirian bangsa di bidang ekonomi sebagai salah satu pilar ajaran trisakti Bung Karno. Sementara Din Syamsuddin pernah menjadi anggota Senat Gurubesar UBK.

UBK memiliki sejarah panjang dan berliku. Pertama kali berdiri di era Bung Karno pada periode 1960an. Menyusul peristiwa dinihari 1 Oktober 1965, pamor UBK menurun drastis dan akhirnya tenggelam. Rachmawati kembali membangun UBK pada awal 1980an. Namun pemerintahan Orde Baru ketika itu tak mengijinkan. Pendaftaran mahasiswa di kampus Bukit Duri, Jakarta Timur, tahun 1983 dibubarkan paksa oleh tentara.

Menyusul kejatuhan Soeharto di Mei 1998, Rachmawati kembali mendirikan UBK. Tahun 1999 UBK kembali diresmikan Presiden BJ Habibie di Istana Negara. Habibie merupakan salah seorang mahasiswa Indonesia yang dikirim Bung Karno belajar ke luar negeri di era 1960an.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s