Man of the Year 2010

TAHUN 2010, seperti tahun-tahun lain yang telah berlalu memberikan pelajaran berharga yang menambah kedewasaan kita sebagai sebuah negara-bangsa. Sepanjang 2010 kita sama-sama menyaksikan berbagai peristiwa; ada yang memperihatinkan dan menyedihkan. Tetapi ada juga yang membanggakan.

Tahun 2010 menyapa kita bersama bencana. Adalah ketabahan dan kerja keras kita semua yang bisa membuat kita bisa bertahan dan memetik hikmah dari semua bencana itu. Tahun 2010 juga memamerkan karut marut dunia penegakan hukum dan pemberantasan korupsi. Dan itu semua menyadarkan kita bahwa kita perlu memperkuat komitmen dalam perjuangan menegakkan Indonesia yang bersih dan sejahtera.

Di sisi lain kita melihat secercah cahaya terang menanti di ujung sana karena tahun 2010 menyadarkan kita pada kenyataan bahwa regenerasi politik telah dimulai. Generasi baru telah hadir. Inilah generasi yang akan memikul beban persoalan yang tak kalah kompleks dan rumit di masa mendatang. Kita juga menyaksikan geliat nasionalisme yang terpuruk bersemi kembali di lapangan hijau mengiringi penampilan Timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2010.

Untuk mengenang dan memetik pelajaran berharga yang ditinggalkan tahun 2010 itulah, Rakyat Merdeka Online memberikan penghargaan β€œMan of the Year 2010” kepada sejumlah individu yang dinilai memberikan andil dan peran penting sepanjang 2010. Individu-individu ini layak disebut sebagai inspirator yang menggerakkan zeit geist Indonesia. Secara khusus, Rakyat Merdeka Online pun menyebut tahun 2010 sebagai tahun inspirasi atau the year of inspiration.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s