Indonesia Dukung Proposal Otonomi untuk Selesaikan Isu Sahara

Indonesia memberikan dukungan terhadap usul otonomi khusus yang ditawarkan Kerajaan Maroko dan menilai bahwa usul itu adalah yang paling tepat untuk menyelesaikan konflik di Sahara.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI Muhammad Najib yang sedang mengunjungi Rabat. Pernyataan itu disampaikan Najib menjelang pertemuan dengan Wakil Ketua DPR Maroko, Nourredine Moudiane.

Dalam kesempatan itu Najib didampingi Dutabesar RI untuk Maroko, Tosari Widjaja, memberikan pernyataan menjelang pelaksanaan seminar “Peran Parlemen untuk Meningkatkan Hubungan dan Kerjasama Maroko-Indonesia untuk Kesejahteraan Rakyat” yang diselenggarakan Parlemen Maroko hari Senin lalu (27/9). Selain sejumlah anggota Parlemen dari kedua negara, seminar itu juga dihadiri kalangan cendekiawan, rektor universitas dan pengusaha.

Najib mengatakan, Indonesia kan mendukung tawaran otonomi khusus itu di forum-forum PBB dan juga forum internasional lainnya.

Ia menggarisbawahi hubungan politik yang amat baik antara Indonesia dan Maroko dan menyampaikan keinginan untuk mempromosikan kerjasama ekonomi.

Adapun Moudiane, seperti dikutip MAP mengatakan bahwa pertemuan itu merupakan sebuah kesempatan untuk membicarakan promosi hubungan kedua negara yang lebih baik dalam sektor politik, ekonomi, dan keagamaan.

Dalam kaitan ini, ia mengajak saling mempromosikan kunjungan antar-anggota anggota Dewan kedua negara dan menstimulasi insiaitif untuk meningkatkan hubungan grup persahabatan Maroko-Indonesia di Parlemen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s