Rizal Ramli Pastikan Sebentar Lagi Ada Kasus Seperti Century

Tidak lama lagi ada kasus kejahatan kerah putih yang muncul ke permukaan.

Hal itu disampaikan ekonom senior Rizal Ramli saat bertemu dengan mantan Menteri Sekretaris Negara Yusril Ihza Mahendra di Rumah Perubahan, Jalan Panglima Polim V, Jakarta Selatan (Minggu, 1/8).

Kasus tersebut memiliki hubungan dengan megaskandal dana talangan untuk Bank Century yang diduga merugikan keuangan negara senilai Rp 6,7 triliun, dan melibatkan sejumlah pejabat tinggi negara. Rizal Ramli tidak merinci lebih detil kasus itu. Namun sebutnya, berbagai dokumen yang mendukung kasus itu dapat dipertanggungjawabkan.

“Dalam Centurygate kejahatan dirancang lewat peraturan hukum dan perundangan. Dalam kasus yang nanti akan keluar dalam juga begitu. Ada modus penghapusan pajak yang merugikan negara triliunan rupiah. Ini juga criminal policy atau kebijakan yang bertujuan untuk melegalkan tindakan yang bertentangan dengan hukum.

Rizal Ramli juga meminta agar pemerintahan SBY memiliki skala prioritas yang jelas dalam menangani kasus-kasus kejahatan seperti ini.

”Jangan sampai kejahatan dengan skala besar yang peraturan dan undang-undangnya dibuat untuk memuluskan kejahatan tidak diproses. Sementara kasus lain yang menyangkut lawan politik dikerjakan dengan serius banget sampai-sampai menghabiskan waktu aparat,” lanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s