Iran: Terbukti Zinah, Ashtiani Tidak akan Dirajam

Pemerintah Iran membantah kabar yang menyebut Sakineh Mohammedie Ashtiani (42), yang terbukti berbuat zinah, akan dihukum mati dengan cara dirajam.

Bantahan itu, seperti diberitakan CNN, disampaikan oleh Kedutaan Besar Iran di London, Inggris yang mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari lembaga peradilan di Tehran, Ashtiani tidak akan dihukum mati dengan cara rajam. Namun begitu, karena telah terbukti berbuat zinah, salah satu pelanggaran hukum fatal di Iran, Ashtiani tetap akan dihukum mati.

Rajam adalah teknik hukuman mati yang berkembang di abad pertengahan. Subjek hukuman mati akan dikubur setinggi perut dan kemudian dilempari dengan batu berukuran cukup sampai mati.

Kabar tentang hukuman mati dengan cara dirajam untuk Ashtiani ini beredar dan dibicarakan oleh aktivis HAM baik di Iran maupun di banyak negara lain yang menentang hukuman mati.

Drewery Dyke dari Amnesty International di London mengatakan pihaknya memiliki data yang menyebutkan bahwa di Iran orang-orang yang dihukum mati tidak dengan cara dirajam akhirnya akan digantung.

Dyke juga mengatakan pihaknya mendapatkan informasi tentang hukuman rajam untuk Ashtiani dari pengacaranya, Mohommad Mostafaei.

Sementara itu, aktivis HAM di Iran, Mina Ahadi yang menjadi jurubicara anak Ashtiani, Sajjad Mohammedie Ashtiani, mengatakan pihaknya terus menggalang kampanye internasional menuntut pembebasan Ashtiani dari hukuman mati.

Iran bukan satu-satunya negara yang masih memberlakukan hukuman mati. Amerika Serikat dan Indonesia juga masih menganggap hukuman mati sebagai salah satu bentuk hukuman yang perlu dilakukan. Belakangan ini gelombang menentang hukuman mati semakin membesar di banyak negara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s