Panci Pun Dipukuli untuk Menentang Obama

dsc09858

KEPUTUSAN Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama memperkuat pasukan AS di Afghanistan ditentang kelompok anti-perang.

Juga dimuat di RMonline. Demo tahun lalu dapat klik disini.

Di kampung halaman Obama, Hawaii, puluhan aktivis anti-perang menggelar demonstrasi di depan kantor rekruitmen Angkatan Darat dan kantor rekruitmen Marinir, hari Sabtu (21/3) atau Minggu waktu Indonesia. Kedua kantor militer itu berada berdekatan di Kapiolani Boulevard, salah satu jalan utama di Honolulu.

dsc09824

Selain menentang rencana Obama memperkuat pasukan AS di Afghanistan, demonstrasi itu juga digelar untuk memperingati enam tahun serangan Amerika Serikat ke Irak.

Dalam aksi yang dikoordinir organisasi anti-perang The World Can’t Wait, demonstran membawa sejumlah spanduk yang bertuliskan kecaman terhadap pendudukan AS di Irak dan Afghanistan juga dukungan negeri Paman Sam itu untuk Israel.

Spanduk-spanduk itu antara lain bertuliskan, Stop War in Iraq, Stop the Ethnic Cleansing of Palestine, Yo Obama, Repeal the Torture Law. Juga No Recruitment for Illegal and Unjust War.

Seorang demonstran membawa bendera putih bergambarkan peta Semenanjung Korea.

dsc09854

Beberapa demonstran melakukan aksi tidur di depan kantor rekruitmen Marinir dengan diselimuti kain putih yang dipenuhi bercak merah melambangkan darah. Dan beberapa lainnya memukul-mukul panci yang digunakan sebagai alat musik.

Beberapa pengendara yang melintasi lokasi demonstrasi memberikan dukungan dengan membunyikan klakson dan melambaikan salam tangan hang loose ala Hawaii. Beberapa pengendara lainnya mencemooh aksi itu.

dsc09894

Dalam pernyataan sikapnya, The World Can’t Wait mengatakan bahwa jutaan orang memilih Obama dalam pilpres AS yang lalu karena mengira bahwa Obama yang lahir dan besar di Hawaii akan mengakhiri perang. Tetapi jutaan orang tersebut kecewa karena Obama justru memilih bergandengan tangan dengan kettle of hawks, kelompok garis keras yang memiliki kecenderungan untuk mempertahankan dominasi AS di panggung internasional dengan jalan menekan dan memerangi negara lain. Tokoh-tokoh yang digolongkan ke dalam kelompok ini antara lain Menteri Luar Negeri Hillary Rodham Clinton, Menteri Pertahanan Robert Gates yang dikenal sebagai salah satu tokoh kunci dalam pemerintahan George W. Bush, Penasihat Keamanan Nasional James L. Jones dan Dutabesar AS di PBB Susan E. Rice.

dsc09922

“Tidak hanya melanjutkan perang yang tidak benar itu dengan meninggalkan 80 ribu tentara dan 17 pangkalan militer permanen di Irak, Obama juga merekruit kelompok-kelompok progresif untuk mendukung dan terlibat dalam memperluas perang dan hegemoni AS dan ekspansi imperialisme yang dikenal dengan perang melawan teror,” tulis TWCW.

“Perang di Afghanistan juga merupakan agresi, kejahatan perang terbesar.”

Kyle Kajihiro, salah seorang aktivis anti-perang yang ikut hadir dalam demonstrasi menentang rencana Obama memperkuat pasukan AS di Afaghanistan, mengingatkan peranan kepulauan Hawaii sebagai pangkalan militer utama Amerika Serikat untuk menaklukkan negara-negara di seberang Pasifik.

“Sudah 150 tahun lamanya Hawaii dijadikan batu loncatan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memperkuat hegemoni mereka di dunia ini. Sejak perang dengan Spanyol dan menjatuhkan pemerintahan yang sah di negara ini,” kata aktivis American Friends Service Committee itu.

Kepada RMonline, Kyle Kajihiro mengatakan, banyak orang yang menggambarkan Hawaii sebagai Jenewa di tengah Pasifik. Tetapi sebaliknya, Amerika Serikat justru menggunakan Hawaii sebagai pangkalan utama untuk menyebarkan ideologi perang dan penjajahan.

dsc09820

One thought on “Panci Pun Dipukuli untuk Menentang Obama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s