Muslim Honolulu Ucapkan Thank You Pada Abercrombie

with-abrecrombie

UMAT Islam di Honolulu, Hawaii, disarankan untuk menandatangani petisi bersama yang akan dialamatkan kepada anggota Kongres Amerika Serikat, Neil Abercrombie.

Foto: Aku dan Abrecrombie saat merayakan kemenangan Obama dalam Kaukus Partai Demokrat di Hawaii, Februari 2008.

Neil Abercrombie, anggota House of Representative (DPR) dari Partai Demokrat yang mewakili Hawaii adalah satu diantara lima anggota Kongres yang menolak resolusi dukungan Amerika Serikat kepada Israel dalam konflik di Timur Tengah.

Pasukan Israel menarik pasukan mereka dari Jalur Gaza sehari sebelum pelantikan Presiden Barack Obama. Tak kurang dari 1.300 orang tewas dalam serangan brutal yang dilakukan Israel selama 22 hari itu. Sebagian besar korban adalah rakyat sipil, orang tua, perempuan dan anak-anak. Selain korban tewas, ribuan warga Gaza juga mengalami luka-luka. Ribuan bangunan, rumah dan perkantoran hancur luluh lantak.

Abercrombie duduk di kursi DPR sejak tahun 1991. Dia dikenal sebagai teman dekat dan salah seorang pendukung utama Barack Obama dalam pemilihan presiden yang lalu.

Tiga anggota Kongres lainnya yang juga berasal dari Hawaii mendukung resolusi tersebut. Ketiganya, dan juga merupakan anggota Partai Demokrat, adalah anggota DPR Mazie Hironom serta dua senator, Daniel K. Akaka dan Daniel K. Inouye.

Penandatanganan petisi ini dilakukan usai shalat Jumat (23/1 atau Sabtu 24/1 WIB) di satu-satunya masjid di Honolulu yang terletak di Jalan Aleo Place, kawasan Manoa.

Hakim, salah seorang pengurus masjid di Honolulu, mengatakan bahwa pihak masjid juga telah mengumpulkan sumbangan sebesar 12.000 dolar AS. Uang sebanyak ini akan dikirim ke Islamic Relief, sebuah LSM yang berasal dari Inggris dan mempunyai kantor di jalur Gaza jauh sebelum Israel melakukan serangan di akhir tahun 2008 lalu.

Pihak masjid di Honolulu juga akan memulai program diseminasi informasi mengenai konflik Timur Tengah. Mereka akan mendirikan pusat informasi Palestina di Kapiolani Park, Wakiki, setiap hari Minggu dan mengundang warga Honolulu untuk mampir ke tempat itu. Pendirian pusat informasi itu dan undangan kepada warga Honolulu akan disampaikan lewat koran Honolulu Advertiser.

Hakim mengatakan, pada dasarnya banyak warga Hawaii, seperti juga warga Amerika lainnya, yang tidak mengetahui konflik di Timur Tengah ini. Kalaupun mengetahui, pengetahuan mereka itu berasal dari informasi sepihak.

Author: TeguhTimur

Born in Medan, lives in Jakarta, loves Indonesia.

Leave a comment