Eros Djarot Nyerah, Film Lastri Dihentikan

AKHIRNYA proses pembuatan film Lastri dihentikan. Sutradara Lastri, Eros Djarot mengatakan ada beberapa hal yang menyebabkan penghentian proses syuting yang telah menghasilkan sekitar 12 scene tersebut.

Dikutip dari Kompas.

Selain sulitnya perizinan untuk proses syuting, Eros menyebutkan musibah yang menimpa pemeran utama Lastri, yaitu Marcella Zalianty.

“Mudah-mudahan, penahanan Marcella tidak ada hubungannya dengan ini. Tapi kepada siapa pun, pihak mana pun yang ingin memberhentikan Lastri, Saya nyatakan hari ini bahwa yah untuk sementara kemenangan saya berikan kepada kalian,” ungkap Eros dalam konferensi pers yang digelar di Teater Populer, Jalan Kebon Pala I, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (13/12).

“Tapi ingat, saya catat dalam negeri ini bahwa keputusan kreatif hendaknya jangan dibunuh, jangan dimatikan. Kalau toh ini harus terjadi, saya minta ini yang terakhir. Walau pun kita, saya pribadi akan tetap memperjuangkan dalam bentuk yang lain,” tambahnya.

Eros sendiri sebenarnya kurang begitu tahu pasti apa yang menjadi alasan utama untuk menghentikan Lastri. Hanya saja, Eros mengaku bahwa ini adalah pertama kalinya dia harus menghentikan proses pembuatan film yang disutradarainya.

Sehubungan dengan protes yang terjadi di Solo, Jawa Tengah, Eros menceritakan kalau peristiwa serupa juga terjadi di sejumlah tempat yang hendak dijadikan lokasi syuting pengganti. Selain di Yogyakarta, Eros menyebutkan pihaknya terkendala perizinan di Sukabumi, Jawa Barat. Penolakan di sebuah pabrik di Sukabumi itu pun dinilai Eros agak janggal.

“Setelah semuanya di-approach, semuanya selesai. Tiba-tiba satu hari sebelum Marcella mengalami musibah, si penjaga pabrik yang tadinya sudah oke, semua sudah dinyatakan iya, menyatakan tidak bisa karena dilarang dari pusat,” tutur Eros.

Guna menunjukkan bahwa Lastri tidak seperti yang dituduhkan sejumlah pihak, Eros berencana menuangkannya dalam sebuah buku. Dia juga akan menyelesaikan 12 scene yang sudah diambil untuk selanjutkan dipertontonkan ke beberapa pihak.

“Dengan itu kami ingin membuktikan bahwa kami tidak ada niat apa pun dalam hal yang dituduhkan kepada kami adalah benar. Itu tidak benar sama sekali. Dan kalau toh ada lembaga- lembaga tertentu yang melakukan tekanan-tekanan, saya berharap bahwa reformasi yang selama ini sudah kita bangun jangan sampai dikotori dengan pendekatan-pendekatan yang begitu sempit dan dangkal,” tegasnya.

Meski Lasti dihentikan namun akan tetap berkomitmen untuk memperjuangan jiwa kreatifitas yang terkandung di dalamnya.

“Itu komitmen yang saya berikan kepada Marcella,” kata Eros.

Published by

TeguhTimur

Born in Medan, lives in Jakarta, loves Indonesia.

2 thoughts on “Eros Djarot Nyerah, Film Lastri Dihentikan”

  1. Penderitaan orang tertindas selama lamanya.

    Film belum dibuat kita sudah bingung, kita sudah marah2. Apa toh isi film tsb ?. Akankah film tsb merusak tatanan negara indonesia ? Ataukah kita malu sendiri melihatnya (kalau melihat)karena kita sendiri melakukan kekejaman ,kebiadaban kepada sekelompok yang menjerahkan dirinya untuk kita habisin baik ideologinya maupun fisieknya ? Merasa kurangkah kita sudah memperlakukan mereka yang sebegitu beratnya mengalami penderitaan ? Seberapa dosa mereka yang harus mereka pikul, kita sebagai orang mukmin harus juga membantunya, mereka juga ada yang mukmin sekaligus manusia. Roh2 apa yang masih melayang layang dibumi Indonesia ?Femikiran kita yang kalut diilhami oleh big brother, atau memang fikiran kita sendiri yang pada dasarnya tidak berkemanusiaan ?.Allahhualam.
    Kesimpulan.
    Kita harus ingat, bhw kita2 ini tidak akan selamanya hidup.Dari generasi ke generasi kita wajib menuturkan apa yang baik,yang berguna.Justru yang harus kita tinggalkan adalah rasa kebencian terhadap sesama,yang notabene mereka juga bangsa kita sendiri. Sekarang hukum yang harus ditegakkan. Dan hukum tidak hanya untuk yang menindas tapi untuk yang tertindas (terhina ,terendah ).
    Kekerasan jangan dibalas dengan kekerasan, tapi dibalas dengan keadilan, walaupun memakan waktu.Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s