Hillary Terima Posisi Menteri Luar Negeri

HILLARY Rodham Clinton telah mengambil keputusan meninggalkan Senat Amerika Serikat dan bergabung dalam pemerintahan Barack Obama.

Mantan the first lady itu menerima posisi menteri luar negeri yang ditawarkan Obama.

Hillary dan Obama adalah mantan dua seteru yang bertarung dengan sengit pada pemilihan awal (primary election) di Partai Demokrat dalam paruh pertama tahun ini. Setelah mengalahkan Hillary, Obama menghadapi John McCain, kandidat dari Partai Republik.

Menurut New York Times, keputusan Hillary menerima tawaran Barry disampaikan setelah ia kembali berbicara dengan sang presiden terpilih. Sumber dari pihak Hillary yang dikutip New York Times mengatakan, Hillary merasa perlu kembali berbicara dengan Barry karena pembicaraan pertama yang mereka lakukan di Chicago pekan lalu terlalu umum.

“Dia siap,” kata salah sorang sumber New York Times.

Sementara penasihat senior Obama yang tidak disebutkan namanya oleh New York Times mengatakan tawaran itu belum secara resmi diterima. Serta tidak akan ada pengumuman mengenai susunan lebih lengkap kabinet sampai Thanksgiving.

Jurubicara Clinton, Philippe Reines, hari Jumat ini mengatakan nominasi tersebut belum final.

“Kami masih berdiskusi mana jalan yang lebih baik,” katanya.

Saat suaminya menjabat sebagai presiden Amerika Serikat selama delapan tahun Hillary Clinton setidaknya telah mengunjungi 80 negara. Dia tidak hanya melakukan pembicaraan dengan para pemimpin, tetapi juga dengan masyarakat kalangan bawah di pelosok.

Saat dirinya masih bertarung dengan Hillary, Barry mengatakan bahwa kunjungan-kunjungan Hillary itu lebih sering untuk kegiatan seremonial semata.

Yang paling memalukan adalah pengakuan Hillary tentang desingan peluru yang menyambut kehadirannya di Bosnia tahun 1995 silam. Pengakuan ini disampaikan Hillary beberapa kali dalam kampanye primary election. Belakangan, rekaman video yang beredar memperlihatkan bahwa Hillary sama sekali tidak disambut hujan peluru. Sebaliknya, kunjungan ke Bosnia itu diwarnai pesta di markas tentara Amerika Serikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s