Bila Pemilihan Hari Ini, Obama Menang

MUNGKIN agak berlebihan. Tetapi begitulah, tanda-tanda kemenangan Barack Obama tampak semakin jelas di depan mata.

Riset mendalam dan komprehensif yang dilakukan CNN di 50 negara bagian Amerika Serikat menjelang pemungutan suara 4 November yang kurang dari tiga minggu lagi sejauh ini memperlihatkan keunggulan mutlak Obama.

Dari 538 electoral votes yang diperebutkan kedua kandidat, Obama dan John McCain diperkirakan telah mengantongi jumlah aman sebesar 192 dan 122.

Selain itu, Obama diperkirakan akan menambah 85 suara sementara McCain menambah 52 suara. Sebanyak 87 suara lainnya masih dalam status tossup dimana kedua kandidat punya peluang yang sama.

Untuk memenangkan pertarungan, Obama dan McCain membutuhkan setidaknya 270 electoral votes.

Electoral votes adalah jumlah suara yang dimiliki setiap negara bagian dalam pemilihan presiden yang ditentukan oleh jumlah penduduk negara bagian tersebut. Satu electoral votes berlaku untuk seorang presidential elector atau “pemilih presiden”. Di bulan Desember 2008 nanti, para “pemilih presiden” yang tergabung dalam Electoral College inilah yang akan berkumpul di masing-masing ibukota negara bagian untuk memastikan kandidat presiden yang mereka dukung.

Berdasarkan prinsip winner takes all dengan kemenangan 50 persen plus satu, seorang kandidat akan menguasai semua electoral votes di negara bagian itu. Dan ini berarti semua anggota Electoral College di negara bagian yang dimenangkannya itu berasal dari partai pendukung sang kandidat.

Jumlah aman yang diraih Obama dan McCain umumnya diperoleh dari negara bagian yang merupakan basis pendukung partai mereka masing-masing.

Sebagai contoh, California yang memiliki electoral votes terbanyak, yakni 55, sudah sejak lama menjadi basis pendukung Partai Demokrat. Dalam empat pemilihan presiden sebelumnya, kandidat partai berlambang keledai itu menang di negara bagian ini.

Begitu juga dengan New York yang memiliki 31 electoral votes. Perlu diingat New York adalah “pusat kekuasaan” Senator Hillary Clinton, mantan the first lady yang dikalahkan Obama dalam pemilihan tingkat awal untuk memperebutkan tiket dari Partai Demokrat sebelum ini. Sikap positif dan dukungan kuat yang diberikan Hillary Clinton kepada Obama memperuat keyakinan CNN akan kemenangan mutlak Obama di negara bagian itu.

Sementara itu, Texas yang merupakan negara bagian dengan jumlah electoral votes terbanyak kedua, yakni 34, pun sejak lama merupakan basis pendukung Partai Republik yang berlambang gajah. Thus, McCain memperoleh kemenangan mutlak di negara koboi kampung halaman George W. Bush itu.

McCain juga diperkirakan menang di Tennessee yang memiliki 11 electoral votes. Negara bagian ini dalam dua pemilihan presiden sebelumnya di tahun 2004 dan 2000 merupakan basis pendukung Partai Republik. Namun di pemilihan presiden 1992 dan 1996 ia adalah basis pendukung Partai Demokrat. Ketika itu Bill Clinton menang di negara bagian ini.

Selain 192 suara aman (safe), sebanyak 85 suara tambahan yang kemungkinan besar (leaning) akan direbut Obama berasal dari beberapa negara bagian seperti Pennsylvania (21), Washington (12) dan Minnesota (10). Ketiga negara bagian ini adalah basis sejati Partai Demokrat.

Yang paling mencolok adalah peluang kemenangan Obama di Virginia yang memiliki 13 electoran votes. Negara bagian ini merupakan basis pendukung Partai Republik. Dalam empat pemilihan presiden sebelumnya, Bill Clinton, Al Gore dan John Kerry berturut-turut kalah dari saingan mereka. Peta politik di negara bagian itu belakangan ini berubah. Obama diperkirakan akan menang mudah di Virginia.

Obama juga diperkirakan akan kembali merebut Iowa (7) dan New Mexico (5) dari tangan Partai Republik. Dalam pemilihan presiden empat tahun lalu, John Kerry dikalahkan Bush Jr. di dua negara bagian itu.

Sementara 52 suara tambahan yang mungkin diperoleh McCain dari leaning states berasal antara lain dari Georgia (15) dan Indiana (11). Istilah “mungkin diperoleh” bagi McCain agak ironis karena sebetulnya dua negara bagian itu merupakan basis kuat Partai Republik. Seharusnya McCain bisa menang mudah di dua negara bagian ini.

Di luar jumlah aman dan leaning votes, ada 87 electoral votes yang harus dimenangkan lewat lempar koin, artinya Obama dan McCain memiliki peluang yang sama besar untuk menang.

Menurut CNN ada enam negara bagian yang masuk dalam kelompok tossup ini. Keenam negara bagian itu adalah Florida (27), Ohio (20), New Carolina (15), Missouri (11), Colorado (9), dan Nevada (5). Dalam pemilihan presiden sebelumnya kandidat dari Partai Republik menang di keenam negara bagian ini.

Andaipun ke-85 electoral votes di leaning states memilih McCain, Obama tetap akan menang dengan 277 suara, meninggalkan McCain yang mengantongig 261 suara.

Dengan demikian dapat disimpulkan, bila saja pemilihan presiden Amerika dilakukan hari ini, maka Obama dapat dipastikan keluar sebagai pemenang. 

Published by

TeguhTimur

Born in Medan, lives in Jakarta, loves Indonesia.

2 thoughts on “Bila Pemilihan Hari Ini, Obama Menang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s