Siap Tarung, McCain Gagal Paparkan Gagasan Baru

JOHN McCain sesumbar memiliki gagasan baru untuk mengatasi krisis ekonomi.

Tetapi nyatanya yang keluar dari mulut veteran Perang Vietnam ini masih hal yang itu-itu saja.

“Yang dibutuhkan Amerika saat ini adalah seorang petarung.”

Begitu kata Senator Arizona John McCain di depan pendukungnya di Virginia Beach, Senin waktu Amerika (13/10) atau Selasa waktu Indonesia (14/10). Dua hari lagi, McCain akan menghadapi Senator Illinois kelahiran Hawaii Barack Obama dalam putaran final debat calon presiden di Hempstead, New York.

Sampai hari ini, sejumlah survei dan poling politik masih menempatkan Obama di urutan pertama. Survei terakhir CNN yang diumumkan kemarin memperlihatkan Obama menang delapan poin, 49 banding 41 persen.

Kekalahan sementara McCain telah memicu gelombang kemarahan di kalangan pendukung dan elit Partai Republik yang mengusungnya. Retorika caci maki yang disampaikan McCain dan pendampingnya, Gubernur Alaska Sarah Palin, beberapa hari terrakhir malah berbalik arah, bagaikan bumerang yang menghantam mereka.

“Saya akan bertarung untuk membawa Amerika ke arah yang baru sejak hari pertama saya bertugas (sebagai presiden) hingga hari terakhir. Saya tidak takut dalam pertarungan. Saya siap untuk itu,” kata McCain lagi.

Sebelum naik panggung, seperti dikutip CNN seorang penasihat McCain mengatakan pernyataan politik McCain di Virginia Beach ini akan menjadi titik balik. Seperti yang disarankan petinggi-petinggi Partai Republik, McCain sepakat untuk fokus hanya pada satu atau beberapa isu penting dalam kampanye. Ini yang disebut oleh tim kampanye McCain sebagai gerakan kembali ke dasar atau back to basic.

“Saya akan memberikan beberapa pernyataan langsung dalam kampanye hari ini. Kita punya waktu 22 hari (sebelum tanggal 4 November). Kita saat ini berada enam poin di bawah. Media massa nasional telah mengabaikan kita,” kata McCain lagi di depan pendukungnya yang berteriak “Huuu…”

Kubu Obama menanggapi dengan enteng, cenderung sinis, isi kampanye terakhir McCain itu.

“Kurang dari 12 jam setelah tim kampanyenya mengumumkan bahwa Senator McCain akhirnya memiliki beberapa ide baru mengenai ekonomi, dia memutuskan lebih penting untuk memberi pernyataan politik tentang posisinya dalam poling,” kata Direktur Komunikasi Obama-Biden, Dan Pfeiffer.

“Rakyat Amerika tahu bahwa pemilihan ini bukan mengenai siapa yang naik dan siapa yang turun, melainkan tentang siapa yang mampu memperbaiki bencana ekonomi yang dihasilkan oleh kebijakan Bush-McCain dalam delapan tahun terakhir,” demikian Pfeiffer.

Published by

TeguhTimur

Born in Medan, lives in Jakarta, loves Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s