Barack Obama, News

McCain Unggul di Mata Orang Kampung

CALON presiden dan kubu Partai Republik John McCain diperkirakan unggul di mata orang kampung.

Poling terakhir menyebutkan McCain unggul 10 poin di kalangan masyarakat pedesaan di 13 negara bagian penting di Amerika Serikat. Dia meraih dukungan sebesar 51 persen, sementara Barack Obama hanya 41 persen.

Kendati kalah, calon presiden dari kubu Partai Demokrat Obama masih punya harapan besar untuk memenangkan pemilihan.

Orang kampung bukanlah mayoritas warga Amerika. Hanya sekitar satu seperlima orang Amerika yang tinggal di kawasan pedesaan yang memang relatif lebih konservatif.

Tim Marema dari Center for Rural Strategies, Whitesburg, Kentucky, mengatakan, pertarungan di kampung-kampung Amerika pada pemilihan presiden tahun ini lebih ketat dibandingkan pada pemilihan empat tahun lalu.

Marema seperti dikutip kantor berita Reuters hari Senin waktu Amerika (22/9), mengatakan bahwa dalam pemilihan presiden tahun 2004 Geroge W. Bush dari kubu Partai Republik mengalahkan kandidat dari Partai Demokrat John Kerry dengan selisih 13 persen.

Center for Rural Strategies adalah lembaga yang menggelar poling tersebut sepanjang pekan lalu.

Konsultan politik kubu Partai Republik Bill Greener mengatakan, McCain berhasil memperbaiki penampilannya dalam berbagai isu sejak dia dinyatakan unggul dalam poling di kalangan pedesaan bulan Mei lalu.

Sementara analisis politik dari kubu Partai Demokrat Anna Greenberg menilai keunggulan McCain dalam poling ini tidak bisa diartikan sebagai kemampuannya memperoleh dukungan ril dari pemilih.

“Kami rasa dia gagal menyampaikan argumen yang efektif mengenai satu isu yang paling penting di kalangan pemilih kampung, yakni ekonomi,” kata Greenberg dalam sebuah rilis yang dikutip Reuters.

Poling yang dilakukan sepanjang Selasa hingga Kamis pekan lalu bertanya kepada 742 calon pemilih di New Hampshire, Pennsylvania, Ohio, Michigan, Wisconsin, Iowa, Minnesota, Missouri, Florida, Virginia, Colorado, New Mexico dan Nevada. Disebutkan bahwa margin of error poling itu sebesar plus atau minus 3,6 persen.

Standard

2 thoughts on “McCain Unggul di Mata Orang Kampung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s