Menggugat Kartel Media Nusantara Citra (MNC)

myrmnews – Masyarakat Pers dan Penyiaran Indonesia (MPPI) mengeluarkan somasi kepada pemerintah dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengenai kepemilihan tunggal PT Media Nusantara Citra (MNC) dan Para Group.

Judul asil Kepemilikan Tunggal TV Partikelir Ancam Kemerdekaan Pers. Diagram diambil dari web MNC.

MNC menguasai RCTI (99 persen), Global TV (99 persen), dan TPI (75 persen). Sedangkan Para Grup mengelola Trans-TV dan Trans-7 (55 persen saham).

Ketua KPI Sasa Djuarsa Sendjaja menilai ketentuan penyiaran cukup menjadi dasar penindakan atas pemusatan kepemilikan. “Semua tergantung ketegasan pemerintah,” katanya, baru-baru ini.

Menyikapai hal itu, pemerintah membentuk tim kerja gabungan untuk mengkaji perbedaan ketentuan dalam beberapa perundangan. Pemerintah menilai dugaan pemilikan tunggal dalam industri penyiaran sulit diusut meski melanggar Undang-Undang Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002.

Itu lantaran ada sejumlah perundangan yang mengatur pemilikan badan usaha. Tim terdiri atas perwakilan institusi pemerintah dan KPI, yang bekerja hingga akhir bulan ini.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), yang menerima tembusan surat somasi, menggelar penelitian sejak Desember 2007. Soal pengusutan dilanjutkan atau tidak akan ditentukan bulan ini.

Dalam sebuah diskusi bertajuk ”Konsentrasi Kepemilikan Televisi dan Dampaknya terhadap Pemberitaan”, yang digelar Dewan Pers di Jakarta, baru-baru ini, Amir Effendi Siregar dari MPPI menegaskan, terkonsentrasinya kepemilikan televisi bisa berdampak pada pemberitaan.

“Kemerdekaan pers akan terancam jika terjadi penyeragaman informasi. Berbahaya jika hal ini digunakan untuk kepentingan pribadi pemiliknya,” kata Amir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s