Barack Obama Incar Al Gore

DIAM-DIAM Senator Illinois kelahiran Hawaii Barack Obama mengincar mantan wakil presiden Amerika Serikat Al Gore.

Obama belum menjelaskan lebih jauh posisi apa yang akan diberikannya kepada Al Gore bila ia memenangkan pemilihan presiden.

Namun yang jelas, Obama menegaskan dirinya siap membuat komitmen dengan Al Gore, peraih Hadian Nobel yang kini dikenal sebagai tokoh lingkungan hidup dan anti-pemanasan global itu.

Pernyataan ini disampaikan Obama secara spontan hari Rabu waktu Amerika ketika ia ditanya apakah akan mempertimbangkan nama Al Gore untuk dipasang dalam kabinetnya.

“Saya akan membuat komitmen bahwa Al Gore akan berada di meja dan memainkan peranan penting dalam merumuskan berbagai upaya untuk memecahkan masalah ini (pemanasan global),” kata Obama seperti dikutip CNN.

Obama juga mengataka, dirinya selama ini sering berdiskusi secara rutin dengan Al Gore, khususnya mengenai persoalan perubahan iklim dunia dan pemanasan global.

Al Gore menjadi wakil presiden dalam pemerintahan Bill Clinton. Setelah Bill Clinton menyelesaikan dua periode pemerintahan, Al Gore memutuskan untuk ikut bertarung dalam pemilihan presiden. Ia menjadi jago dari kubu Partai Demokrat. Namun dalam pemilihan presiden tahun 2000 ia dinyatakan kalah dari jago kubu Partai Republik George W. Bush.

Bulan November tahun lalu, masih menurut CNN, Obama sudah memperlihatkan tanda-tanda akan mengajak Al Gore dalam pemerintahannya.

Sejauh ini Obama berada di depan, meninggalkan saingan terkuatnya Senator New York Hillary Rodham Clinton, istri mantan presiden Bill Clinton. Obama telah mengantongi 1.626 delegasi, diikuti Hillary yang memperoleh 1.486 delegasi. Primary Election di Pennsylvania tanggal 22 April nanti dipercaya akan menjadi pertarungan terakhir kedua seteru ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s