Skandal Seks Gubernur New York Untungkan Obama

SENATOR Illinois kelahiran Hawaii, Barack Obama, sedikit banyak diuntungkan oleh skandal seks Eliot Spitzer, gubernur New York.

Spitzer telah menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran diri itu berlaku hari Senin pekan depan.

Skandal Spitzer setidaknya mengingatkan orang pada skandal seks yang melibatakan Bill Clinton, suami Senator New York, Hillary Clinton, yang kini menjadi saingan terkuat Obama dalam perebutan tiket calon presiden Amerika Serikat dari kubu Partai Demokrat.

Bulan Agustus 1998, seperti Silda Spitzer yang kini mendampingi Eliot Spitzer, Hillary Clinton menahan agar air matanya tidak tumpah saat mendampingi Bill Clinton yang tengah menyampaikan permintaan maaf kepada rakyat Amerika.

Bill Clinton bernasib mujur. Impeachment yang dihadapinya karena bermain api asmara dengan Monica Lewinsky, pegawai magang di Gedung Putih, tak begitu kuat untuk mendongkelnya keluar dari Ruang Oval.

Keputusan Hillary memafkan Bill Clinton ketika itu menyinggung banyak aktivis perempuan. Hillary dinilai terlalu lemah. Atau kalaupun kuat, ia dinilai egois karena terlalu mengutamakan posisi politik Clinton untuk kepentingkan, ambisi, dan obsesi pribadi. Dari sisi ini, orang meragukan ketulusan Hillary.

Singkatnya, skandal seks yang menimpa pimpinan lembaga eksekutif, mau tidak mau mengingatkan orang pada lembaran hitam keluarga Hillary Clinton.

Dalam tradisi politik Amerika Serikat, keluarga —terutama istri dan anak— turut memainkan peranan penting dalam perjalanan karier politik seorang politisi. Tradisi politik Amerika Serikat mengajarkan bahwa hanya politisi yang didukung keluarga yang harmonis dan kuat yang dapat menjadi pejabat publik yang baik.

Skandal Spitzer ini membuat orang kembali bertanya-tanya tentang kualitas keharmonisan keluarga Hillary Clinton.

Hal berikutnya yang menguntungkan Obama dari kasus ini, berkaitan dengan pengganti Spitzer. Adalah David A. Peterson, salah seorang pembantu gubernur New York, yang akan tampil melanjutkan kepemimpinan Spitzer.

Paterson akan menjadi orang kulit hitam pertama yang memimpin negara bagian New York, dan orang kulit hitam keempat yang menjadi gubernur negara bagian dalam sejarah Amerika.

Paterson yang kini berusia 53 tahun mengalami gangguan penglihatan, dan secara hukum dinyatakan buta (legally blind).

Tahun 1985 dia terpilih sebagai anggota Senat New York mewakili distrik Harlem, East Harlem, dan Upper West Side.

Bulan November 2002, Paterson terpilih sebagai ketua fraksi minoritas di Senat New York.

Paterson terpilih sebagai orang Afro-Amerika pertama yang menduduki jabatan pembantu gubernur New York pada November 2006. Sebagai pembantu gubernur dia menangani urusan administrasi, energi alternatif, kekerasan domestik, dan peranan kelompok minoritas.

Dia tinggal di Harlem bersama istrinya, Michelle Paige Paterson, dan dua anak mereka, Ashley dan Alex.

One Reply to “Skandal Seks Gubernur New York Untungkan Obama”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s