News

Rekor Baru Harga Minyak: 108 Dolar AS per Barel

HARGA minyak mentah mencatat rekor baru. Di New York, hari Senin (11/3), harga minyak mentah sempat menyentuh angka 108,21 dolar per barel sebelum akhirnya jatuh pada poin 107,93 dolar per barel.

Analis menyebutkan kenaikan harga ini terjadi karena pemain saham ramai-ramai menginvestasikan uang mereka ke sektor minyak untuk menghindarkan kerugiaan akibat nilai tukar dolar yang melemah.

Faktor lain yang mendorong lesatan harga minyak itu, seperti dikutip BBC, adalah keputudan yang diambil anggota Opec pekan lalu untuk mempertahankan produksi minyak mentah, walaupun China menaikkan permintaan minyak.

NIlai tukar dolar terhadap euro dan beberapa mata uang kunci di pasar global mulai melemah sejak musim panas tahun lalu. Kejatuhan nilai tukar dolar ini semakin tak tertahankan setelah pemerintah Amerika mengumumkan bahwa sepanjang Februari 2008 jumlah pengangguran di negara itu bertambah lebih dari 63 ribu orang. Ini adalah rekor terburuk dalam lima tahun terakhir.

Di Eropa keadaan yang kurang lebih sama juga terjadi. Minyak mentah Brent dipasarkan dengan angka 104,2 dolar AS per barel. Ini pun sebuah rekor.

Menurut International Energy Agency, harga minyak mentah dunia pernah mencapai harga 102,53 dolar per barel di bulan April 1980, di awal Perang Iran-Irak.

Harga minyak mentah yang begitu tinggi ini diperkirakan akan menciptakan gelombang resesi baru di seluruh dunia.

Beban belanja negara akan semakin tinggi, dan beban belanja rumah tangga pun melonjak.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s