Bush Ditanya, Kemana Uang Minyak Irak Mengalir

KONGRES Amerika Serikat diminta untuk menyelidiki kemana hilangnya uang yang dihasilkan dari produksi minyak Irak.

Langkah ini perlu diambil untuk mengetahui apakah Irak dapat membiayai proses rekonstruksi di negara itu, atau tidak. Juga untuk mengetahui apakah rakyat Amerika yang sedang menghadapi krisis layak membiayai pembangunan Irak.

Permintaan ini disampaikan Senator Michigan dari Partai Demokrat, Carl Levin, dan Senator Virginia dari Partai Republik. John Wayner.

Dalam sepucuk surat yang dikirim hari Jumat lalu (7/3) keduanya bertanya mengapa Irak yang memiliki sumber dana begitu luar biasa di banyak bank yang tersebar di dunia, mengalami kesulitan untuk mewujudkan rekonstruksi dan menjaga keamanan.

Sebaliknya, pembayar pajak Amerika yang sedang mengalami masa-masa sulit di dalam negeri tetap membiayai proses rekonstruksi di negeri 1001 malam itu.

Pemerintah Amerika Serikat telah menghabiskan lebih dari 47 miliar dolar AS untuk membangun Irak sejak tahun 2003. Angka itu disebutkan dalam sebuah laporan yang dikeluarkan penyelidik khusus untuk pembangunan Irak.

“Kami percaya dalam lima tahun terakhir ini sudah begitu banyak uang dari hasil pajak rakyat Amerika yang dikirim ke Irak, terlepas fakta Irak memiliki penghasilan dari sektor minyak yang begitu besar dan kini trtahan di banyak bank di luar Irak,” tulis keduanya seperti dikutip CNN.

Kedua senator itu juga mengutip pengakuan Paul Wolfowitz tahun 2003 yang memperkirakan penghasilan minyak Irak antara 50 miliar hingga 100 miliar dolar AS dalam dua atau tiga tahun lagi.

“Kita sedang berurusan dengan sebuah negara yang sebetulnya dapat membiayai sendiri biaya pembangunan mereka dalam waktu yang relatif cepat,” kata Wolfowitz ketika itu.

Dengan menggunakan angka-angka yang dikeluarkan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan Kementerian Minyak Irak, kedua senator ini mengatakan bahwa Irak punya kemampuan memproduksi 2,2 juta barel minyak per hari.

Hasil dari perhitungan kemampuan produksi per minggu malah memperlihatkan produksi itu bisa digenjot hingga 2,31 juta barel per hari.

Dengan kemampuan produksi seperti itu, Irak dapat menghasilkan minimal 56,4 miliar dolar AS per tahun.

“Kami percaya Irak dapat menghasilkan hingga 100 miliar dolar AS untuk tahun 2007 dan 2008,” tulis kedua politisi beda partai itu.

Tapi pertanyaannya, kemana uang itu mengalir. Mengapa rakyat Amerika tetap diminta membiayai semua biaya rekonstruksi Irak. Bush dan teman-temannya kah yang menggondol uang minyak Irak itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s