Menjelang Kaukus, Hawaii Memanas

SUDAH sejak lama, rakyat Amerika Serikat di Hawaii tak begitu tertarik dengan proses politik.

Namun kali ini berbeda. Pertarungan sengit antara dua kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton dan Barack Obama telah meningkatkan suhu politik di negeri aloha ini.

Jumlah peserta kaukus atau pertemuan Partai Demokrat di Hawaii yang digelar hari Selasa ini (19/2) diperkirakan akan naik lebih dari 100 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kaukus adalah rapat yang hanya diikuti oleh warga negara yang terdaftar sebagai anggota partai politik. Dalam kaukus Partai Demokrat di Hawaii, anggota partai berlambang keledai ini akan menentukan siapa yang mereka dukung untuk ditetapkan sebagai kandidat presiden dari kubu Demokrat.

Honolulu Advertiser mencatat, jumlah peserta kaukus Partai Demokrat di Hawaii tidak pernah melewati angka 5 ribu. Namun panitia kaukus tahun ini memperkirakan jumlah peserta rapat akan bertambah lebih dari 100 persen, bukan tidak mungkin akan membengkak menjadi 12 ribu peserta.

Tim kampanye Barack Obama malah memperkirakan jumlah peserta kaukus akan bertambah menjadi 15 ribu hingga 18 ribu orang.

Pemungutan suara kaukus akan dilakukan antara pukul 19.00 hingga 19.30 waktu setempat. Namun panitia akan tetap menerima surat suara dari anggota partai yang sudah mengantre sebelum pukul 19.30.

Pihak Partai Demokrat mengatakan, setidaknya lebih dari 1.200 orang telah mendaftar menjadi anggota parta ini beberapa minggu sebelum Super Tuesday yang dimenangkan Barack Obama. Namun sekitar 5 ribu orang kembali mendaftarkan diri setelah mengetahui arti penting kaukus bagi pencalonan kandidat dari kubu Demokrat.

“Kami berharap pemilih dapat bersabar melalui proses (pemungutan suara), karena banyak sekali yang mendaftar,” kata direktur politik Partai Demokrat Florence Kong Kee.

Dia menambahkan, partainya akan mengumpulkan hasil perhitungan sementara sesaat setelah anggota partai memberikan suara. Tetapi jumlah pemilih yang melonjak tinggi kelihatannya akan membuat hal itu terhambat.

Kelihatannya mereka baru akan muali mengumumkan tengah malam atau hari Rabu pagi. Jumlah perolehan suara sementara ini akan dikonfirmasi kembali tanggal 1 Maret. Proses penghitungan resmi suara akan disaksikan oleh wakil dari kedua kubu.

Sebanyak 20 dari 29 delegasi yang akan mewakili Hawaii dalam Konvensi Nasional di Denver bulan Agustus nanti akan diperebutkan dalam kaukus nanti. Sementara sisanya, sembilan delegasi, yang dikenal sebagai super-delegasi, akan diberikan kepada kandidat saat Konvensi.

Walaupun jumlah peserta kaukus diperkirakan akan melonjak melampaui rekor yang ada selama ini, namun tetap angka itu terlalu kecil. Apalagi bila dibandingkan dengan proses pemilihan primer tahun 2006. Saat itu ada 238 ribu pemilih yang memberikan suara.

Tingkat partisipasi politik di Hawaii memang terbilang kecil. Khususnya untuk pemilihan presiden. Pada pemilihan presiden tahun 2004 lalu ketika kandidat Partai Demokrat John Kerry menantang kandidat Partai Republik George W Bush, misalnya. Seminggu sebelum pemilihan itu, warga masyarakat yang mendaftar untuk memilih terbilang kecil. Jumlah pendaftar baru merangkak naik setelah wakil presiden Dick Cheney datang ke Hawaii untuk mempromosikan Bush; dan mantan wakil presiden Al Gore dan anak John Kerry, Alexandra, datang ke Hawaii.

Jumlah anggota Partai Demokrat di Hawaii yang mengikuti kaukus memang hampir tidak pernah banyak. Jumlah tertinggi tercatat di tahun 1988, ketika Jesse Jackson berhadapan dengan Gubernur Massachusetts Michael Dukakis. Dalam kaukus itu Jackson kalah. Dan sejak saat itu jumlah anggota partai semakin sedikit.

Di tahun 2004, kehadiran anggota parlemen Dennis Kucinich mendongkrak jumlah peserta kaukus. Tercatat sebanyak 4.000 anggota mengikuti kaukus. Itu adalah angka tertinggi sejak 1988.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s