Badai Super Tuesday Tewaskan 54 Orang

DI saat panitia pemungutan suara pemilihan konvensi Super Tuesday sedang sibuk menghitung jumlah suara yang masuk, topan badai menghantam beberapa negara bagian Amerika Serikat. Ini adalah badai topan terbesar dalam 20 tahun terakhir di Amerika Serikat. Sejauh ini 54 orang ditemukan tewas di beberapa negara bagian di kawasan selatan.

Seperti dilaporkan CNN, di negara bagian Tennessee sebanyak 30 orang tewas, di Arkansas 13 orang tewas, tujuh orang tewas di Kentucky, dan lima lainnya ditemukan tewas di Alabama.

Seorang warga Tennessee, James Baskin, mengatakan dirinya sedang mengendarai mobil ketika mendadak datang angin yang berputar-putar mengangkat dan melemparkan mobilnya. Semua penumpang dalam mobil itu mengalami luka-luka.

Menurut meteorologis CNN Rob Marciano, badai sudah mulai melemah dan kini bergerak ke arah timur. Sementara National Weather Service telah mengeluarkan peringatan bahaya badai dan mengatakan bahwa perubahan cuaca yang ekstrem masih mungkin terjadi.

Hari Rabu pagi waktu Amerika (6/2) Presiden George W Bush telah menghubungi gubernur negara bagian yang terkena topan badai ini. Bush mengatakan rakyat Amerika mendoakan semua yang menjadi korban dalam bencana ini.

Adapun The Federal Emergency Management Agency telah mengirimkan tim penyelamat ke daerah yang terkena bencana. Begitu kata Sekretaris Homeland Security, Michael Chertoff , Rabu pagi.

“Kami akan terus memantau keadaan ini,” ujarnya.

Korban tewas terakhir ditemukan di Summer County, Tennessee. Tubuh kedua korban tewas ini ditemukan di pekarangan rumah, sementara bangunan rumahnya sudah terangkat dan tercampak jauh, kata anggota tim pemyelamat Jay Austin.

Masih di daerah yang sama, seorang ibu ditemukan tewas di ata stempat tidur yang tercampak sekitar 20 yard dari rumahnya. Sementara anaknya saat ini telah dibawa ke rumah sakit.

Gubernur Tennessee Phil Bredesen yang meninjau lokasi bencana dari udara Rabu pagi mengatakan dirinya begitu terkejut melihat kerusakan yang dihasilkan badai topan ini.

“Saya belum pernah melihat hal seperti ini selama saya menjadi gubernur. Sebuah tornado yang dikombinasi dengan hantaman-hantaman yang terus menerus,” kata Bredesen.

“Jejak tornado ini sepanjang 25 mil,” katanya lagi.

Di Jackson, Tennessee, tornado menjebak mahasiswa Union University di bawah reruntuhan gedung, kata Julie Oaks, jurubicara the Emergency Management Agency negara bagian Tennessee.

“Tampak seperti zona perang,” kata Presiden Union University, David Dockery. “Mobil dan truk terhempas dari satu sisi ke sisi lain.”

Published by

TeguhTimur

Born in Medan, lives in Jakarta, loves Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s