Hari Pertama Dibuka dengan POLS 610

INI adalah hari pertama saya mengikuti kuliah di Political Science Department di College of Social Science, University of Hawaii, setelah menanti hampir dua bulan. Adalah POLS 610-Political Theory and Analysis yang menjadi partai pembuka di Fall 2007 ini. Matakuliah dengan tiga kredit itu diampu oleh Prof John Wilson, yang bergabung dengan UH sejak 1969 lalu.

Wilson menamatkan undergraduate-nya di Maritime College di University of New York tahun 1964. Lulus dari UNY, selama dua tahun dia bertugas di Dinas Transportasi Angkatan Darat Amerika Serikat. Setelah itu dia melanjutkan pendidikan master di Political Science Department di State University of New York, Albany. Gelar doktor diraihnya dari universitas yang sama tahun 1973.

Selain di UH, Wilson juga pernah mengajar di Department of Philosophy di Queens College, CUNY (1977, 1983) dan di St. John’s College, Annapolis (1984-1985).Bidang kajian yang digeluti Wilson adalah filsafat politik klasik, sejarah atau tradisi filsafat politik, American Foundation, filsafat politik non-Barat, ilmu/filsafat politik non-modernitas, dan teori negara.

Saat ini dia sedang mengerjakan tiga penelitian. Pertama, Western Political Philosophy: Principles, Texts, and Essays. Kedua, penelitian mengenai filsafat politik Plato yang untuk sementara diberinya judul Returning to Earth: An Interpretation of Plato’s Political Philosophy from the Republic to the Statesman. Dalam kajian ini, dia memberikan fokus yang cukup besar pada pendekatan feminisme dalam pemikiran Plato. Buku ketiga yang sedang dia tulis adalah State-System-Association: Thinking Through Political Science.

Mata kuliah ini akan digelar di ruang D102, gedung Business Administration, setiap hari Senin, pukul 17.30 sampai 20.00 waktu Honolulu.

Matakuliah lain di PSD yang saya ambil semester ini adalah POLS 600 Scope of Methods of Political Science, yang diampu oleh sang ketua jurusan, Prof Jon Goldberg-Hiller.

Goldberg-Hiller menyelesaikan pendidikan S-1 di Reed College (1979), lalu memperoleh gelar master dan doktor dari University of Wisconsin. Bidang kajian yang digelutinya adalah hukum publik, perbandingan politik dan teori Marxisme. Sebelum bergabung dengan UH, dia juga pernah mengajar di Afrika.

Saat ini, Goldberg-Hiller sedang melakukan penelitian yang berkaitan dengan perubahan identitas, nasionalisme, otoritas politik, dan ekonomi politik.

Matakuliah yang juga berkredit tiga ini akan digelar di ruang 242, gedung Saunders, setiap hari Selasa pukul 18.00 sampai 20.00 WH.

Bulan lalu, beberapa hari setelah tiba di Hawaii, saya bertemu Prof Manfred Henningsen yang direkomendasi menjadi academic adviser saya selama di PSD. Saya bertemu Henningsen di ruang kerjanya, di Saunders Hall. Dia yang ketika itu mengenakan baju batik putih, bercerita banyak tentang pengalamannya dengan mahasiswa Indonesia yang pernah kuliah di PSD, mulai dari AS Hikam, Ryaas Rasyid, Mochtar Pabottinggi, hingga beberapa mahasiswa dari generasi yang jauh lebih muda, seperti aktivis Muhammadiyah Pramono Tanthowi.

Kami berbicara tentang berbagai hal, mulai dari perkembangan politik di Indonesia, seperti partai-partai baru, peluang SBY di tahun 2009, potensi Jusuf Kalla, sampai gerakan kelompok Islam fundamentalis dan terorisme di Indonesia.

Henningsen juga memperlihatkan salah satu copy buku AS Hikam tentang demokrasi yang dimilikinya. Pada halaman awal buku bersampul putih itu tertulis acknowledgment bahwa buku itu didedikasikan Hikam untuk Henningsen. Dia kaget mendengar kabar bahwa Hikam sudah tidak di DPR lagi, setelah dia di-recall oleh Muhaimin Iskandar dari DPR. Recall, kata Henningsen, adalah sesuatu yang tidak masuk akal dalam sistem politik demokrasi.

Henningsen memperkenalkan saya dengan seorang profesor baru di PSD, Ehito Kimura. Saya belum sempat bertemu dengan Kimura. Sampai saat ini kami baru berkomunikasi via e-mail. Sejauh yang saya ketahui dari beberapa teman, Kimura memiliki perhatian besar pada perkembangan politik Indonesia, khususnya pada proses desentralisasi yang sedang berlangsung sejak 1999 lalu.

Published by

TeguhTimur

Born in Medan, lives in Jakarta, loves Indonesia.

One thought on “Hari Pertama Dibuka dengan POLS 610”

  1. hi, kebetulan mesin google membawa saya ke mari (saya mencari Ehito Himura’s email dan udah ketemu sih). ternyata anda di Hawaii toh. what a coincidence, saya bakal singgah di UH beberapa hari lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s