Baru Tahu, Kalau Aku Sempat Masuk Pusat Sejarah TNI

SEORANG teman kirim e-mail. Tulisnya, “Gua ketemu namamu di Pusat Sejarah TNI.”

Setelah mencari-cari akhirnya saya ketemu dengan berita yang dimaksudkan kawan itu. Ah, ini kasus lama, berakhir begitu saja. Setelah diperiksa Unit Keamanan Negara Polda Metro Jaya, dan dilimpahkan ke Kejati DKI Jakarta, kasus ini siap untuk segera disidangkan di PN Jakarta Selatan.

Mendadak beberapa hari sebelum sidang, saya diundang ke kantor Badan Intelijen Negara (BIN) di Pejaten. Saya tak sendirian ke kampung rusa. Beberapa senior di Rakyat Merdeka juga ikut menemani kunjungan ini. Dalam pertemuan itu, A.M. Hendropriyono menjelaskan bahwa dia sedang membaca berita perkembangan kasus Majalah Tempo vs Tommy Winata, ketika tiba-tiba dia teringat dengan kasus dirinya vs Rakyat Merdeka.

Dan lebih kaget lagi, setelah mengatahui bahwa kasus itu siap disidangkan. Sambung Hendro, kepada sekretarisnya dia minta agar kasus ini dicabut. Ya udah, begitu aja.

Paragraph berikut dari Pusat Sejarah TNI, seperti yang dimaksudkan kawan tadi.

13 Januari 2004–Redaktur Eksekutif “Rakyat Merdeka” Jadi Tersangka Pencemaran Kepala BIN

Redaktur Eksekutif Harian “Rakyat Merdeka” Teguh Santoso diperiksa penyidik Kepolisian Daerah Metro Jaya terakit statusnya sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik Kepala Badan Intelijen Negara A.M. Hendropriyono.

Pemeriksaan dilakukan terkait pemberitaan di harian “Rakyat Merdeka” edisi 2 Februari 2003 yang menyebutkan bahwa Hendropriyono adalah pejabat yang melontarkan nama 4 tokoh penggerak demonstrasi mahasiswa, mendesak Presiden Megawati Soekarnoputri turun dari posisinya–Kompas, 14 Januari 2004.

Klik di sini!

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s