Ketika Adolf Hitler Semakin Lusuh

Der untergang

SETELAH Hitler bunuh diri, bunker tempat persembunyiannya di selatan Brandenburg Gate, Berlin, tak pernah disentuh. Pemerintah khawatir bunker itu akan dijadikan situs suci bagi para pendukung Hitler dan Nazisme.

Kini pemerintah Jerman sedang membangun gedung baru di wilayah itu. Dan baru-baru ini pekerja konstruksi menemukan sesuatu yang diduga sebagai atap bunker Hitler.

***

29 April 1945. Untuk kali terakhir Adolf Hitler keluar dari kamar pribadinya di dalam bunker.

Tanda-tanda kejatuhan Berlin seperti juga kehancuran Nazi semakin nyata. Pasukan Uni Soviet telah mencapai bibir kota dari arah utara, timur dan tenggara. Hitler dan pasukan Nazi semakin tersudut. Beberapa kali bom jatuh di luar sana menimbulkan goncangan hebat di dalam bunker

Sore itu wajah Hitler tampak semakin lusuh. Tangannya yang selalu disimpan di balik punggung bergetar–sesuatu yang dideritanya sejak lolos dari upaya pembunuhan setahun sebelumnya. Tubuhnya semakin condong membungkuk ke depan. Dari sinar matanya dan wajahnya yang lusuh, Hitler tampaknya paham bahwa kemenangan semakin jauh meninggalkan dirinya, dan bahwa tiba saatnya bagi dia untuk meninggalkan pentas.

Padahal baru beberapa hari sebelumnya Menteri Propaganda Nazi, Joseph Goebbels masih sesumbar. Pasukan Nazi, yakinnya, akan mempertahankan Berlin hingga titik darah penghabisan. Warga Berlin dan tentara Nazi dilarang melarikan diri, mengibarkan bendera putih, serta melakukan tindakan sabotase yang memperlemah kekuatan Nazi.

Uban sepintas nyaris menutupi kepalanya, kenang Erna Flegel kepada harian Jerman, Bild Zaitung. Flegel adalah satu dari sekian perawat Hitler dan petinggi Nazi lainnya di dalam bunker. Flegel bertahan di dalam bunker saat pasukan Soviet tiba setelah Berlin sepenuhnya dikuasai dan bendera putih berkibar di jalanan dan lorong-lorong kota. Flegel baru meninggalkan bunker beberapa hari kemudian. Dinas intelijen Amerika sempat menahannya dan mengajukan banyak pertanyaan tentang aktivitas di dalam bunker. Namun Flegel menutup mulut. Kini wanita itu berusia 93 tahun. Dia hidup di sebuah rumah jompo di sebelah utara Jerman.

Hitler yang baru merayakan ulang tahun ke-56 saat itu, masih kenang Flegel, tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Air muka Hitler yang semakin lusuh itu, selusuh suasana di dalam bunker.

Kepada para pembantu setianya, termasuk Flegel, Hitler mengucapkan selamat tinggal. Dia menyalami semua orang yang telah sekian lama menemaninya di dalam bunker. Menanyakan satu dua pertanyaan singkar sebelum kembali ke kamar pribadinya bersama Eva Braun yang menurut beberapa riwayat dinikahi Hitler tak lama sebelum kematiannya.

Wartawan veteran Deutsche Welle, Heinrich Bergstresser, yang menjadi mentor dalam Seminar Freedom of Press and Freedom of Information yang digelar Friedrich Naumann Stiftung di Gummersbach, Jerman, mengatakan masih banyak sisi gelap kehidupan Hitler yang belum terkuak. Termasuk tentang hubungannya dengan Eva Braun. Kata Heinrich, beberapa desas-desus juga mengatakan Hitler seorang homoseksual, atau, pedofilia.

Keesokan harinya, sekitar pukul 15.30, terdengar tembakan dari kamar Hitler. Sang Fuhrer bunuh diri. Setelah menenggak racun sianida, Hitler menembak kepalanya. Seperti Hitler, Eva Braun menghabisinya nyawanya dengan  menenggak sianida.

Cara Hitler memilih kematian juga masih jadi bahan pembicaraan. Banyak orang bertanya, mengapa dia harus menembak kepalanya setelah menggak sianida? Masih menurut cerita Flegel, menjelang kejatuhan Nazi, Hitler semakin gelisah dan paranoid. Peristiwa setahun lalu yang nyaris membunuhnya, membuat Hitler menjadi mencurigai siapapun yang ada di sekitarnya. Hitler curiga, jangan-jangan agen rahasia Sekutu berhasil menyusup ke bunker rahasia miliknya, dan menukar isi kapsul sianida yang telah disiapkannya untuk bunuh diri, dengan racun palsu. Dia percaya, pihak Sekutu ingin menangkap dirinya hidup-hidup–sesuatu yang bagi Hitler barangkali adalah sebuah hal memalukan yang tak termaafkan.

Goebbels yang juga tinggal di bunker itu pun bunuh diri bersama istrinya, Magda Goebbels. Beberapa versi mengatakan, Goebbels menembak dada Magda terlebih dahulu sebelum menembak kepalanya. Versi lain mengatakan, Goebbles dan Magda berdiri berhadap-hadapan di luar bunker, lalu saling tembak. Sebelum kematiannya, Magda yang juga dikenal sebagai tokoh propaganda Nazi lebih dahulu menghabisi nyawa keenam anak mereka. Dia melarutkan racun sianida ke makanan anak-anaknya.

Detik-detik menjelang kematian Hitler dan kehancuran Nazi ditampilkan kembali oleh Oliver Hirschbiegel, seorang sutradara Jerman, dalam film Der Untergang (Kejatuhan). Film berdurasi 150 menit itu ditulis berdasarkan beberapa buku sejarah seperti Inside Hitler’s Bunker karya Joachim Fest.

Film yang dirilis bulan Februari dan akan diputar di Israel itu menuai kontroversi karena dinilai terlalu berani menampilkan sisi Hitler yang manusiawi–sesuatu yang melawan gambaran umum tentang Hitler, diktator yang bengis dan kejam.

“Apakah kita diperbolehkan menampilkan monster sebagai manusia?” tanya harian Bild, misalnya.

Namun banyak kritikus film yang menilai film itu luar biasa karena mampu menampilkan dua kontras; kehidupan dalam bunker yang diliputi ketegangan, dan aksi bombardemen pasukan Uni Soviet di Berlin hanya beberapa meter di atasnya.

Bruno Ganz yang berperan sebagai Hitler, dan sang sutradara, Oliver Hirschbiegel, pun dinilai layak memperoleh Oscar.

***

Setelah 60 tahun berlalu, nazisme diduga belum mati. Tanggal 8 Mei lalu, bersamaan dengan peringatan 60 tahun berakhirnya Perang Dunia Kedua di Eropa, ratusan anggota kelompok neo-Nazi menggelar long march menuju Brandenburg Gate dan Monumen Holocaust.

Langkah rombongan yang mengenakan pakaian hitam-hitam itu dihentikan di Alexanderplatz, sebelah timur Berlin. Dalam sekejap mata mereka dikepung polisi anti huru-hara dan anggota masyarakat yang menentang kehadiran nazisme. Seberapa besar kekuatan kelompok neo-Nazi ini? Rakyat Merdeka, 24 Mei 2005 [t]

31 thoughts on “Ketika Adolf Hitler Semakin Lusuh”

  1. hitler tak dapat dilupakan oleh sejarah.
    hitler adalah sebuah misteri
    hitler adalah sesuatu yang dapat merubah dunia

    aku yakin jika saja hitler tidak di khianati nazionalizsosializmuz akan terus memberanggus jahanam-jahanam yahudi dan imperalis barat pimpinan amerika.

    heil HITLER,
    heil FUHRER,
    heil NAZI,

  2. Akibat pembantaian etnis yahudi yg dilakukan Nazi di eropa telah memaksa kaum yahudi berduyun-duyun mengungsi keluar dr benua eropa,sayangnya mereka mengungsi ke tanah yg mereka yakini telah dijanjikan Tuhan untuk mereka yaitu Palestina dan itu membuat semakin terdesaknya saudara2 kita muslim Palestina di tanah airnya sendiri.

  3. Saya cuma kagum atas prinsip yang dia pegang, jelas beliau adalah seorang patriot dan penggugah sejarah jerman.
    U/ kaum yahudi saya rasa sama kejam dengan hitler dahulu cuma sangat disayangkan pembaritaan yang tidak seimbang

  4. iblis berwujud manusia sudah mati.
    dimana Hitler membatai jutaan nyawa manusia.
    ia juga mendirikan camp – camp untuk memusnahkan ras yahudi.
    dia menganggap bangsa arya adalah bangsa yang hebat.

    saya juga tidak setuju apa yg telah di buat oleh bangsa yahudi,
    menindas banyak orang. tetpi apa yg dilakukan HITLER ADALAH KEJAHATN TERHADap kemanusiaan dan itu merupakan pelanggaran HAM berat.

    go to the hell HITLER,,,,

    1. Kenapa anda tidak mau bicara “Bahwa orang Yahudi telah membunuh orang-orang Islam sebagaimana Hitler membunuh Orang-2 Yahudi….”

      1. Kenapa anda tidak mau bicara “Bahwa orang Yahudi telah membunuh orang-orang Islam sebagaimana Hitler membunuh Orang-2 Yahudi….”

        Memangnya apa yang sudah dibuat orang yahudi sama anda secara pribadi mas dede..sampai anda benci orang Yahudi…Lihat dari sudut pandang yang luas jangan yang sempit..terima kasih..God bless..

  5. Saya rasa Hitler ga sepenuhnya biadab.. se setan seiblisnya hitler. kita tidak bisa melupakan sisi manusiannya!!! Pribadi Hitler Tidak setan! dia juga manusia!!! Kejahatan Perang Dunia Ke II tidak hanya di sebabkan hitler! tapi karena 2 paham besar dunia yaitu komunis dan demokrat!!!

  6. Hitler sosok manusia yg mempunyai ambisi melihat negaranya yg menderita karena perjanjian Versailles akibat kalah PD I

    sayang kehebatan jerman dalam perang musnah gara gara taktik blundernya menyerang unisoviet

  7. sebenarnya,hitler mati dgn menembak kpalanya sndiri dihadapan foto ibunya.ada yg mgatakan dia menangis pada masa itu….,,………apapun,hitler mmg hebat

  8. Membicarakan seorang hitler tidak akan habisnya. Seseorang yg bisa dibilang sangat berpengaruh didunia pada masanya. Tentara yg kuat, strategi perang yg hebat dan loyalitas anak buah yg hebat.
    Walaupun dianggap sangat sadis dan tidak berprikemanusiaan.

    1. banyak ilmu pengetahuan moderen (pasca perang dunia kedua) yang perkembangannya dipengaruhi oleh fenomena hitler, bukan saja ilmu politik dan hubungan internasional, juga psikologi dan sosiologi.

  9. hitler adalah salah satu manusia yg berpengaruh di dunia.
    kejam,sadis tak berprikemanusiaa,tapidia juga punya kasih. karna dia mengasihi anak buah atau pengikut nya….iya kan?

  10. saya jadi ingat quote dari hitler ttg yahudi

    “Kenapa saya menyisakan sedikit dari bangsa yahudi, agar kelak semua orang tahu alasan saya membasmi mereka”, adolf hitler

    ya kira kira gitu
    CMIIW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s