Redaktur Harian Rakyat Merdeka Dipanggil Ke Kejaksaan Tinggi

REDAKTUR Eksekutif Rakyat Merdeka Teguh Santosa Tarigan, datang memenuhi panggilan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kamis (8/4). Teguh datang dalam kapasitas sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono.

Menurut Syahroni, kuasa hukum Teguh, dia datang untuk pelimpahan wewenang yuridis berkas kasus dari tangan penyidik ke penuntut umum.

Syahroni dan Teguh ditemui oleh jaksa penuntut umum Robert Pacoy.

Di dalam ruangan sempat terjadi ketegangan karena jaksa ingin menahan Teguh Santosa yang berada di dalam ruangan selama sekitar dua jam mulai dari jam 10.30 WIB. Namun, kata Syahroni, penahanan tidak jadi dilakukan karena memang tidak ada dasar hukum yang kuat untuk melakukan penahanan.

Selain ancaman hukuman yang tidak lebih dari lima tahun, Teguh juga sebelumnya tidak pernah ditahan oleh pihak penyidik dalam kasus tersebut. “Jadi tidak ada dasarnya penahanan di tingkat kejaksaan,” ujar Syahroni kepada Tempo News Room.

Syahroni menduga ada unsur memaksakan kasus tersebut menjadi kasus hukum. Sebab, kata dia, materi yang dianggap sebagai pencemaran nama baik sudah dimuat oleh koran tersebut pada bulan Februari 2003. Sedangkan pelaporan baru dilakukan pada November 2003. “Ini sudah kadaluarsa,” kata dia melalui sambungan telepon.

Ia mempertanyakan kapasitas seorang Kepala BIN yang mengaku baru mengetahui berita tersebut pada Juli 2003. Apalagi, tambahnya, tidak hanya Rakyat Merdeka yang memberitakan hal itu.

Materi yang dipidanakan adalah tulisan berjudul “Panglima TNI dan Kapolri Akan Dicopot”: Beredar Isu Dari Istana Negara dan Teuku Umar”.

Syahroni mengatakan, pengajuan kasus ini, tidak berdasar bukti-bukti yang kuat. Syahroni juga mempertanyakan itikad baik Kepala BIN saat melaporkan kasus ke Polda Metro Jaya.

Masih menurut Syahroni, kasus ini belum bisa diajukan sebagai kasus pidana karena belum cukup bukti, meski polisi berpendapat sebaliknya.

Tempo News Room

Published by

TeguhTimur

Born in Medan, lives in Jakarta, loves Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s