Caleg Partai Pelopor “Ngamen” di Bus Kota

BANYAK cara dilakukan calon legislatif memenangkan kursi Senayan. Dari memasang wajah di spanduk hingga membuat pertunjukkan panggung bersama partainya. Calon legislatif dari Partai Pelopor Teguh Santosa Tarigan juga punya cara sendiri, yaitu dengan cara ngamen dari bus ke bus.

Kamis (25/3) pagi, pukul 09.00 WIB, calon legislatif ini naik turun bus dengan rute halte Danamon di bilangan Sudirman menuju Grogol, dilanjutkan dengan Grogol menuju Kota. “Maaf mengganggu, nama saya Teguh Santosa dari Partai Pelopor,” ujarnya di dalam bus yang mengangkutnya menuju Grogol hingga Kota. Lagu-lagu yang dimainkan adalah dua lagu dari Iwan Fals, “Wakil Rakyat” dan “Buku Ini Aku Pinjam.”

Melihat aksi tersebut tidak sedikit penumpang bus yang tersenyum-senyum. Malah, beberapa ibu menunjuk-nunjukkan jarinya ke arah caleg yang sibuk menyanyi sambil bertepuk tangan. Aksi itu juga disertai dengan pembagian bungkusan plastik bening berisi dua permen dan tiga buah kartu namanya. “Yang satu untuk penumpangnya, dua lagi untuk temannya,” ujarnya.

Mengenai idenya ini, Teguh mengatakan, “Wakil rakyat adalah pengamen, mereka yang perlu mendapat simpati dari rakyat.” Dengan begitu, katanya, tidak ada cara lain, kecuali mendatangi ke tempat yang penuh kerumunan rakyat, seperti halte, mall, dan pasar. “Nanti juga bisa saya datangi pasar, nggak ada masalah,” katanya. “Saya ingin tunjukkan kepada masyarakat kecil, masih ada yang mau perjuangkan nasib rakyat,” katanya.

Dengan tiga orang yang menemani sambil membagi-bagikan bungkusan permen, Teguh menghabiskan Rp 20 ribu sekali jalan. “Nggak gampang ternyata jadi pengamen. Menantang, pegal-pegal juga akhirnya,” katanya. Kampanye model ini akan diulanginya minggu depan.

Koran Tempo, 25 Maret 2004

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s